Mudik Aman Mobil Listrik

Pemerintah memperkirakan sekitar 4.000 unit mobil listrik baterai akan melakukan mudik Lebaran 2024.

Lukman Nur Hakim & Fatkhul Maskur

5 Apr 2024 - 16.03
A-
A+
Mudik Aman Mobil Listrik

Pengendara yang pulang mudik memadati ruas jalan tol Cipularang di KM 100 Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (17). JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis, JAKARTA--Sekitar 4.000 unit mobil listrik diperkirakan turut melakukan perjalanan mudik pada musim Lebaran tahun ini. Tak hanya diperlukan kesiapan infrastruktur untuk menopang penggunaan kendaraan setrum itu.

Pemerintah memperkirakan sekitar 18% dari populasi mobil listrik akan melakukan mudik Lebaran 2024. Populasi mobil listrik di Indonesia saat ini sekitar 23.000 unit.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Rachmat Kaimuddin menjelaskan, masyarakat biasanya membeli mobil listrik bukan sebagai kendaraan primer mereka.

"Pembeli saat ini mungkin mobil kedua, mobil tambahan, dan bukan mobil primary-nya dia. Bisa kita bayangkan bahkan bisa lebih kecil dari 18% [mobil listrik yang mudik]," kata Rachmat di Kantor Kemenko Marves, Kamis (4/4/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.