Mudik Gratis Naik Kapal, Kolaborasi Pelni-Kemenhub Tekan Angka Kecelakaan Pemudik Sepeda Motor

Pada program mudik gratis naik kapal Lebaran 2024 ini, Pelni mengangkut total 4.276 pemudik dan 1.763 unit sepeda motor dengan menggunakan KM Dobonsolo.

Media Digital

7 Apr 2024 - 19.31
A-
A+
Mudik Gratis Naik Kapal, Kolaborasi Pelni-Kemenhub Tekan Angka Kecelakaan Pemudik Sepeda Motor

Persiapan keberangkatan kapal mudik gratis PELNI 2024./Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merangkul PT Pelni (Persero) untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang libatkan sepeda motor selama arus mudik dan balik Lebaran 2024. Caranya, Kemenhub dan Pelni gelar program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut.

Tinggi angka kecelakaan motor memang jadi perhatian khusus Kemenhub. Kasubdit Angkutan Perkotaan Kemenhub Iman Sukandar mengungkapkan kegiatan mudik menggunakan sepeda motor memiliki risiko kecelakaan yang lebih besar dibandingkan moda transportasi lainnya.

“[Kecelakaan] melibatkan sepeda motor paling banyak. Kebanyakan itu faktor manusianya sebenarnya. Faktor manusia sekitar 61% secara rata-rata nasional,” katanya di Bekasi, Jumat (5/4/2024).

Kemenhub mengimbau masyarakat yang ingin mudik dengan sepeda motor agar berpikir dua kali. Iman menyebut kecelakaan yang libatkan moda sepeda motor secara nasional mencapai 71% dari total kecelakaan lalu lintas selama arus mudik tahun lalu.

Oleh sebab itu, Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Nuraini Dessy mengungkapkan Kemenhub menugaskan pihaknya untuk gelar Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut. Program itu sudah berlangsung beberapa tahun belakangan.

Pada Lebaran 2024, rute mudik gratis naik kapal ini dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara ke Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang--serta sebaliknya pada arus balik nanti.

Direktur Angkutan Penumpang Pelni Nuraini Dessy./Antara

Menurut Dessy, tujuan pemudik yang gunakan sepeda motor adalah Kota Semarang, Jawa Timur. Oleh sebab itu, pihaknya memilih Semarang menjadi destinasi mudik gratis ini.

"Dengan [mudik gratis naik kapal] ke Semarang, salah satunya untuk mengurangi kecelakaan jalan raya," ungkap Dessy saat ditemui di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (7/4/2024).

Pada program mudik gratis naik kapal Lebaran 2024 ini, perusahaan plat merah yang bergerak di bidang jasa pelayaran ini mengangkut total 4.276 pemudik dan 1.763 unit sepeda motor dengan menggunakan KM Dobonsolo.

Baca Juga : Membeludak Kendaraan Menuju Trans Jawa 

Pelni sudah memberangkatkan ribuan pemudik dan penumpang itu lewat dua gelombang; pada 5 dan 7 April 2024 atau H-5 dan H-3 Lebaran. Nantinya, KM Dobonsolo juga kembali mengangkut mereka selama arus balik, yaitu pada 13 dan 15 April 2024 atau H+3 dan H+5 Lebaran.

Dessy merasa, antusias masyarakat cukup tinggi atas program mudik gratis naik kapal ini. Oleh sebab itu, pihaknya akan siap apabila kembali ditugaskan jalankan program serupa pada tahun depa--bahkan ingin kuotanya bertambah.

"Sudah pastinya kami juga berharap dari Kementerian Perhubungan juga menambah kuota, yang memang untuk menambah preferensi [moda transportasi lebaran] ya. Intinya begitu untuk mudik motor gratis ini," tutupnya.

Baca Juga : Cek Daftar Lokasi Posko Mudik Lebaran 2024, Gratis Layanan Kesehatan 

Sejalan, Nurohman (43) sebagai salah satu warga yang ikut program kolaborasi Pelni-Kemenhub ini menyatakan mudik gratis dari pemerintah memang sangat membantu masyarakat.

Bahkan, Nurohman bersama keluarganya sudah ikut program serupa sejak zaman pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) atau setidaknya sudah 10 tahun berturut-turut.

"Kalau bisa tiap tahun ada terus," katanya saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (7/4/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.