Mudik Gratis, Pertamina Siapkan 64 Unit Bus untuk 3.000 Pemudik

Untuk mendukung kelancaran mudik gratis, Pertamina setidaknya telah mengerahkan 64 unit bus yang akan melewati 17 rute, meliputi Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Yogyakarta, Pemalang, Cilacap, Purworejo, Kebumen, Tegal, Purwokerto, Semarang, Surakarta, Banyuwangi, Ngawi, Madiun, Malang, dan Surabaya.

Anshary Madya Sukma

19 Apr 2023 - 11.51
A-
A+
Mudik Gratis, Pertamina Siapkan 64 Unit Bus untuk 3.000 Pemudik

Bisnis, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) kembali menggelar mudik gratis dengan peserta mencapai 3.000 orang pemudik. Jumlah tersebut, sebagian di antaranya merupakan pekerja informal mulai dari marbot, petugas kebersihan, pemulung, dan pedagang kaki lima. 

Untuk mendukung kelancaran mudik gratis ini, perseroan setidaknya telah mengerahkan 64 unit bus yang akan melewati 17 rute, meliputi Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Yogyakarta, Pemalang, Cilacap, Purworejo, Kebumen, Tegal, Purwokerto, Semarang, Surakarta, Banyuwangi, Ngawi, Madiun, Malang, dan Surabaya. 

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Kebutuhan BBM, Pertamina Tambah Stok 13,5%

Penentuan 17 titik mudik tersebut sudah diperhitungkan secara matang sehingga aktivitas mudik tahun ini menjadi optimal. 

Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina, Erry Widiastono mengatakan program mudik gratis tersebut merupakan langkah Pertamina untuk mendukung Kementerian BUMN dalam program mudik Lebaran 2023 yang mengangkat tema ‘Mudik Dinanti, Mudik di Hati' Bersama BUMN 2023.

Baca juga: Takjil Gratis dari Rumah Pertamina untuk Pemudik

“Program ini merupakan salah satu bentuk syukur Pertamina karena dapat terus hadir menyalurkan energi bagi masyarakat Indonesia serta ungkapan terima kasih kepada masyarakat yang telah setia menggunakan produk-produk Pertamina,” ujarnya di sela pelepasan mudik gratis di Plaza Barat Gelora Bung Karno, Rabu (19/4/2023). 

PT Pertamina (Persero) dalam acara 'Mudik Dinanti, Mudik  Di hati' Bersama BUMN 2023 turut menyediakan fasilitas kursi pijat, potong rambut, tempat bermain anak, foto booth, dan mini golf yang diselenggrakan di Plaza Barat GBK Senayan, Jakarta, Rabu, (19/4/2023).


Adapun, beragam fasilitas juga disiapkan mulai dari kebutuhan aktivitas anak-anak, pijat gratis, pangkas rambut gratis, serta photo box, yang dihadirkan untuk menunjang kebutuhan pemudik saat menunggu prosesi keberangkatan. 

Tak hanya itu, melalui program tersebut pemudik juga memperoleh beragam manfaat di antaranya perlindungan asuransi pemudik selama perjalanan dari Tugu Insurance, merchandise bagi pemudik, serta e-voucher senilai Rp25.000 bagi pemudik yang memiliki aplikasi Mypertamina.

Baca juga: Berkah Mudik, Pedagang Mendoan Raup Omset Rp7 Juta per Hari

“Program mudik gratis ini sangat membantu kami, masyarakat yang ingin mudik. Saya sangat bersyukur atas kemudahan dan fasilitas yang diberikan oleh Pertamina. Melalui program ini saya juga bisa berkumpul bersama keluarga di kampung halaman,” ujar salah seorang pemudik yang ikut program mudik gratis Pertamina. 

Dari segi keamanan selama mudik, Pertamina juga telah memastikan aspek Keselamatan, Kesehatan, dan Keamanan pemudik dengan penyediaan peralatan yang memadai serta moda transportasi yang telah terdata dan lulus inspeksi dengan status layak jalan. 

Direktur Logistik & Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Erry Widiastono menyapa salah seorang anak peserta saat berasa di salah satu fasilitas yang disediakan dalam acara 'Mudik Dinanti, Mudik  Di hati' Bersama BUMN 2023 yang diselenggrakan di Plaza Barat GBK Senayan, Jakarta, Rabu, (19/4/2023).


Selain itu, masing-masing bus juga memiliki koordinator yang bertugas untuk memantau keselamatan dan kebutuhan pemudik selama perjalanan.

Sebagai informasi, program mudik gratis ini menjadi yang ke-16 kali digelar oleh perusahaan migas pelat merah itu setelah sebelumnya sempat absen pada masa pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.