Mudik Lebaran 2023: Sekitar 12.209 Kendaraan Kurang Saldo e-Toll

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan yang akan memulai perjalanan arus balik kembali ke Jabotabek untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-money) yang digunakan dalam bertransaksi di jalan tol.

Ibeth Nurbaiti

24 Apr 2023 - 16.07
A-
A+
Mudik Lebaran 2023: Sekitar 12.209 Kendaraan Kurang Saldo e-Toll

Sejumlah kendaraan melintas di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/4/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA — Sebanyak 12.209 kendaraan tercatat mengalami kekurangan saldo e-toll pada periode H-7 s.d H-1 arus mudik Lebaran Idulfitri 1444 H. Jumlah tersebut merupakan 3,97 persen dari total 306.980 kendaraan yang melakukan transaksi di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang—Semarang.

Adapun, di Gerbang Tol Kalikangkung, pengguna jalan membayar tarif tol dari Cikampek menuju Semarang. Dengan adanya kondisi pengendara kekurangan saldo e-toll, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat rata-rata penurunan kapasitas transaksi gardu tol di GT Kalikangkung sebesar -5 persen per jam.

Baca juga: Sektor-Sektor Industri yang Ketiban Untung pada Lebaran 2023

“Yang semula dalam 1 menit kami bisa melayani transaksi hingga lima kendaraan, jika pengguna jalan kurang saldo dan harus melakukan top up di gardu tol, maka 1 menit hanya bisa melayani satu kendaraan saja,” kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana dikutip Senin (24/4/2023).

Melihat kondisi tersebut, Lisye mengimbau agar pengguna jalan yang akan memulai perjalanan arus balik kembali ke Jabotabek untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-money) yang digunakan dalam bertransaksi di jalan tol.

Menurut Lisye, pengguna jalan dengan perjalanan menerus untuk arus balik, terutama dari arah Semarang menuju Jakarta, harus menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp500.000. Sementara itu, untuk pengguna jalan dari Surabaya, agar menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp800.000.

Baca juga: Penampakan dari Udara Jalur Pansela, Alternatif Arus Balik

“Kami juga mengingatkan kembali kepada pengguna khususnya yang melakukan perjalanan di Jalan Tol Trans Jawa dengan sistem transaksi tertutup [tarif sesuai jarak], hanya bisa menggunakan e-toll yang sama saat tap in dan tap out sehingga saat saldo kurang tidak bisa meminjam e-toll pengguna jalan lainnya. Untuk itu sekali lagi, pastikan kecukupan saldo e-toll untuk menghindari antrean di gerbang tol,” ujar Lisye.

Foto udara sejumlah kendaraan roda empat dari arah Jakarta mengantre untuk dapat memasuki Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Rabu (19/4/2023). Lonjakan peningkatan volume kendaraan arus mudik dari arah Jawa Tengah bagian barat, Jawa Barat maupun Jakarta yang memasuki gerbang tol tersebut mulai sekitar pukul 11:45-13:00 sempat menyebabkan antrean kendaraan sepanjang sekitar 500 meter. ANTARA FOTO/Aji Styawan


Tak hanya itu, Jasa Marga juga kembali mengimbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo e-toll dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi prima.

Saat memasuki GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta—Cikampek, pihaknya juga mengimbau pengguna jalan untuk mematuhi rambu dan arahan petugas karena gangguan sekecil apapun yang terjadi akan berdampak pada arus lalu lintas yang ada dan mengakibatkan antrean kendaraan.

Baca juga: Tip Mengatasi Stres Saat Terjebak Macet Panjang yang Melelahkan

“Hindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik yang diprediksi jatuh pada Senin—Selasa [24—25 April 2023] dan Minggu—Senin [30 April—1 Mei 2023] untuk menghindari penumpukan kendaraan,” tuturnya. 

Sebagaimana diketahui, pemerintah bersama Jasa Marga turut mengimbau pengguna jalan yang tidak ada keperluan mendesak, untuk dapat menghindari puncak arus balik dengan menunda/mengundurkan perjalanan kembali ke Jabotabek pada Rabu—Jumat (26—28 April 2023) guna perjalanan yang lebih nyaman. 

Baca juga: Cara Top up Saldo e-Money Mandiri dengan HP Tanpa Fitur NFC

Terlebih, pada periode tersebut pengguna jalan dapat memanfaatkan diskon tarif tol sebesar 20 persen untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta dengan saldo setelah diskon sebesar Rp297.600 yang berlaku pada Kamis (27/4/2023) pukul 06.00 WIB hingga Sabtu (29/4/2023) pukul 06.00 WIB. (Afiffah Rahmah Nurdifa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.