Free with Login

Mungkinkah G20 Bakal Mencairkan Hubungan AS - China?

Konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Bali akan menjadi penanda penting kemungkinan rekonsiliasi antara Amerika Serikat dan China setelah hubungan keduanya mengalami gejolak sejak perang dagang pada 2018 hingga perang teknologi pada tahun ini.

Nindya Aldila

13 Nov 2022 - 15.46
A-
A+
Mungkinkah G20 Bakal Mencairkan Hubungan AS - China?

Joe Biden (kiri) saat masih menjabat Wapres AS bertemu Presiden China Xi Jinping dalam satu kesempatan di Balai Agung Rakyat China di Beijing pada tahun 2011./Antara

Bisnis, JAKARTA – Konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Bali akan menjadi penanda penting kemungkinan rekonsiliasi antara Amerika Serikat dan China setelah hubungan keduanya mengalami gejolak sejak perang dagang pada 2018 hingga perang teknologi pada tahun ini.  

Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet L. Yellen menyerukan stabilisasi hubungan dengan China dan membuka komunikasi antara dua ekonomi terbesar.

Hal itu diungkapkan menjelang pertemuannya dengan Gubernur People's Bank of China (PBOC) Yi Gang dalam perhelatan KTT G20 di Bali, seperti dilaporkan The New York Times.

"Kami ingin mengatasi permasalahan dengan stabilisasi hubungan dan upaya untuk menormalisasi [keadaan] dengan menyadari adanya sejumlah permasalahan," ujar Yellen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.