Mungkinkah Milenial Bisa Beli Rumah dengan Gaji Pas-pasan?

Rumah sendiri merupakan kebutuhan primer. Namun, untuk bisa membeli rumah bukanlah perkara mudah bagi kalangan milenial yang memiliki penghasilan pas-pasan. Terlebih lagi, naiknya harga BBM yang mengerek harga bahan pokok, ancaman kenaikan inflasi dan merangkaknya tingkat bunga KPR.

Yanita Petriella

30 Sep 2022 - 21.10
A-
A+
Mungkinkah Milenial Bisa Beli Rumah dengan Gaji Pas-pasan?

Ilustrasi jual beli rumah

Bisnis, JAKARTA – Memiliki rumah yang layak huni merupakan impian setiap orang. Rumah sendiri merupakan kebutuhan primer. Namun, untuk bisa membeli rumah bukanlah perkara mudah bagi kalangan milenial yang memiliki penghasilan pas-pasan.

Dengan situasi naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang mengerek harga bahan pokok kebutuhan sehari-hari dan kembali adanya peningkatan suku bunga acuan Bank Indonesia yang menjadi 4,25 persen yang akan memicu kenaikan bunga kredit ini tentu membuat mimpi memiliki rumah pertama bagi kalangan generasi milenial makin sulit. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani pun tak menampik harga rumah yang kian mahal sehingga sulit untuk membelinya. Hal ini dikarenakan kenaikan harga rumah ini tak sebanding dengan kenaikan pendapatan. Setiap tahunnya harga rumah mengalami peningkatan 15 persen hingga 30 persen, sedangkan bagi para pemilik penghasilan tetap rerata kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) di tahun ini hanya sebesar 1,09 persen dan untuk DKI Jakarta sendiri kenaikan UMP pada 2022 ini menjadi Rp4,57 juta dari tahun 2021 yang senilai Rp4,4 juta per bulan.

Sedikitnya kenaikan pendapatan dan ditambah lagi faktor gaya hidup milenial menjadi kendala dalam memiliki rumah. Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2019, ada sekitar 81 juta milenial yang belum memiliki rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.