Musim Keruntuhan Perusahaan Rintisan

PHK karyawan memang disebut sebagai langkah efisiensi yang paling mudah dilakukan untuk jangka pendek. Namun, keberadaan sumber daya manusia (SDM) ini juga bukan satu-satunya penyebab tingginya pengeluaran perusahaan.

Rayful Mudassir

28 Mei 2022 - 16.27
A-
A+
Musim Keruntuhan Perusahaan Rintisan

Bisnis, JAKARTA - Sederet perusahaan rintisan dalam negeri ditengarai mulai mengalami gejolak finansial seiring dengan gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) serempak dalam beberapa waktu terakhir. 

Kondisi ini setidaknya dialami oleh startup edukasi Zenius, platform dagang-el JD.ID hingga teranyar perusahaan dompet digital LinkAja. Kondisi ini menyebabkan tanda tanya terhadap kinerja keuangan perusahaan baru tersebut. 

Gelombang PHK ini dinilai sebagai strategi efisiensi yang mulai dijalankan perusahaan. Salah satunya melalui pengurangan pekerja. Langkah tersebut diperkirakan buntut dari sejumlah kondisi seperti kenaikan suku bunga The Fed, kondisi makro ekonomi yang sedang terjadi hingga pandemi Covid-19. 

Ketua Umum Indonesian Digital Empowering Community (Idiec) M. Tesar Sandikapura menilai fenomena ini sebenarnya sudah bisa diprediksi sejak lima tahun terakhir, khususnya bagi startup-startup baru. Terlebih, sejauh ini perusahaan rintisan hanya fokus pada perolehan transaksi dan pengguna, bukan profit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Musim Keruntuhan Perusahaan Rintisan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.