Musim Tanam PPN, Puluhan Triliun Dana Pajak Bakal Siap Petik

Pemerintah mulai memberlakukan PPN dan PPh untuk aset kripto dan transaksi fintech, sektor yang selama ini belum tersentuh.

Saeno

9 Apr 2022 - 00.31
A-
A+
Musim Tanam PPN, Puluhan Triliun Dana Pajak Bakal Siap Petik

Petugas sedang melayani wajib pajak di KPP Pratama Jakarta Tanah Abang Tiga, Jakarta, Rabu (5/1/2022)./Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA -  Pemerintah mulai 1 April menerapkan kenaikan PPN dari 10 persen menjadi 11 persen. Tak hanya itu, pemerintah juga mulai memberlakukan PPN dan PPh untuk aset kripto dan transaksi fintech,  sektor yang selama ini belum tersentuh.

Langkah tersebut diprediksi akan meningkatkan pendapat pemerintah dari sisi pajak. Dari kenaikan PPN saja pemerintah diproyeksikan bisa meraup pendapatan tambahan hingga Rp60 triliun. Angka itu jauh lebih besar dari perkiraan sebelumnya yang menyebutkan dari kenaikan PPN bisa dikumpulkan pendapat pajak sekitar Rp41 triliun.

Perkiraan penerimaan pajak hingga Rp60 triliun disampaikan oleh ekonom dari Bahana Sekuritas. Sementara itu, angka Rp41 triliun merupakan prediksi ekonom dari Asosiasi Emiten Indonesia. 

Angka potensi Rp41 triliun tersebut didapat dari kenaikan selisih 10 persen selama 9 bulan, asumsi secara ekonomi barang dan jasa kena pajak ceteris paribus sesuai kondisi tahun 2021. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.