Napas Tambahan Bisnis Pertashop Bisa Jual BBM Pertalite

Pertamina telah membuka ruang bagi pengusaha Pertashop untuk menjual jenis bahan bakar minyak khusus penugasan, yakni Pertalite.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

31 Mar 2024 - 09.38
A-
A+
Napas Tambahan Bisnis Pertashop Bisa Jual BBM Pertalite

Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah mulai mengoperasikan Pertashop pertama di kota Surakarta. /Foto: Istimewa

Bisnis, JAKARTA — Banyaknya bisnis Pertamina Shop (Pertashop) yang merugi hingga gulung tikar memantik pemerintah bersama PT Pertamina (Persero) untuk mengkaji ulang konsep bisnis penyaluran bahan bakar minyak nonsubsidi tersebut.

Terlebih, Pertashop dihadirkan untuk mendukung upaya Pertamina dalam melayani kebutuhan konsumen yang tidak terjangkau oleh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Hanya saja, Pertashop selama ini hanya menjual produk nonsubsidi seperti BBM, LPG, dan produk Pertamina ritel lainnya. 

Di sisi lain, penjual bahan bakar minyak (BBM) eceran skala rumahan atau yang dikenal dengan Pertamini bisa dengan bebas menjual produk BBM bersubsidi seperti Pertalite, yang dari segi harga tentunya lebih murah ketimbang Pertamax yang tersedia di Pertashop.

Dengan adanya disparitas harga jual Pertamax dan Pertalite yang mencapai Rp2.500—Rp2.800 per liter membuat kinerja bisnis pelaku usaha Pertashop terus merugi karena pembeli lebih memilih membeli BBM yang lebih murah seperti Pertalite.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.