Nasib Bandara Kertajati Usai Membuka Penerbangan Umrah

Penerbangan umrah dari Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat telah dimulai setalah napas proyek senilai Rp2,6 triliun itu tersengal-sengal selama pandemi. Bagaimana nasibnya kini?

Rayful Mudassir

26 Nov 2022 - 18.04
A-
A+
Nasib Bandara Kertajati Usai Membuka Penerbangan Umrah

Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis/Rachman

Bisnis, JAKARTA - Aktivitas Bandara Internasional Kertajati di Majalengka Jawa Barat belum pulih sepenuhnya meski pemerintah telah membuka layanan penerbangan umrah.  

Pembukaan penerbangan menuju Jeddah, Arab Saudi telah direncanakan pemerintah setidaknya pada paruh kedua tahun ini. Namun, realisasinya baru terjadi pada November dengan puluhan orang jemaah umrah.

Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Jawa Timur mengungkapkan bahwa hanya 45 orang jemaah umrah yang terbang dari bandara tersebut. Mereka merupakan warga asal Cirebon, Majalengka dan Tasikmalaya melalui biro travel Al Bahjah Cirebon milik Buya Yahya.

45 jemaah menuju Jeddah menggunakan pesawat charter Garuda Indonesia. Maskapai plat merah ini terbang lebih dulu dari Soekarno Hatta yang telah membawa sekitar 200 jemaah umrah. Setelahnya, barulah burung besi melintasi berbagai negara menuju Arab Saudi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.