Nasib Bisnis Bank Asing Usai Menyerah di Indonesia

Bank-bank asing masih memiliki peluang yang menjanjikan untuk melanjutkan bisnisnya di Indonesia, meskipun harus mengubah strategi, antara lain dengan melepas unit bisnis yang kurang menguntungkan selama ini.

Fahmi Ahmad Burhan

21 Nov 2023 - 17.30
A-
A+
Nasib Bisnis Bank Asing Usai Menyerah di Indonesia

Ilustrasi perbankan. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Bank asing yang beroperasi di Indonesia satu per satu berguguran, baik akibat sulitnya bersaing dengan pemain lokal, maupun karena perubahan strategi induk usaha di luar negeri. Namun, tidak semua dari bank asing itu sepenuhnya meninggalkan Indonesia. Lantas, ke mana arah bisnis mereka selanjutnya?

Industri perbankan Tanah Air tahun ini menyaksikan tiga aksi korporasi penting bank asing. Pertama, penjualan lini bisnis konsumer dari Standard Chartered Bank Indonesia (SCBI) kepada PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN).

Kedua, pelepasan bisnis consumer banking Citibank N.A. Indonesia (Citi Indonesia) PT Bank UOB Indonesia. Ketiga, pelepasan unit usaha dari Commonwealth Bank of Australia (CBA) di Indonesia yakni PT Bank Commonwealth ke PT Bank OCBC NISP Tbk. (NISP).

Selain ketiganya, PT Bank ANZ Indonesia juga telah lebih dahulu melepas divisi retail mereka ke PT Bank DBS Indonesia pada 2018 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Nasib Bisnis Bank Asing Usai Menyerah di Indonesia

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.