Nasib Dividen Bank Setelah Pengetatan Aturan OJK

Kalangan perbankan menyambut positif keputusan OJK dalam mengatur kebijakan pembayaran dividen oleh bank dalam POJK No. 17 Tahun 2023. Besaran dividen bank di masa depan pun kemungkinan bakal lebih kecil.

Fahmi Ahmad Burhan & Emanuel Berkah Caesario

20 Sep 2023 - 16.08
A-
A+
Nasib Dividen Bank Setelah Pengetatan Aturan OJK

Ilustrasi dividen. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Dinamika pembagian dividen oleh emiten bank di masa mendatang dipastikan bakal berbeda, seiring dengan makin ketatnya pengawasan dan kuasa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengatur dan membatasi pembagian dividen oleh bank.

Hal ini menjadi konsekuensi dari terbitnya Peraturan OJK (POJK) Nomor 17 Tahun 2023 tentang Penerapan Tata Kelola bagi Bank Umum. Pasal 108 dari regulasi tersebut secara khusus mengatur tentang kebijakan dividen oleh bank umum.

OJK mewajibkan bank untuk memiliki kebijakan dividen dan mengomunikasikannya kepada pemegang saham. Kebijakan dividen tersebut paling sedikit memuat pertimbangan bank dalam pembagian dividen, besaran dividen, mekanisme persetujuan usulan pembagian dividen, dan periode pengkinian kebijakan dividen.

Selain itu, kebijakan dividen juga dapat memuat kewenangan bank untuk mengusulkan kepada rapat umum pemegang saham (RUPS) terkait penundaan pembayaran dividen, menghentikan pembayaran dividen yang telah disetujui, menghentikan pembayaran dividen yang diangsur atau menghentikan pembayaran dividen secara bertahap, dan menarik kembali pembayaran dividen kepada pemegang saham pengendali, dalam hal bank mengalami permasalahan kondisi keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.