Nasib Ekspor Batu Bara RI Tertolong Sikap China

Sikap China terhadap penguatan permintaan batu bara menjadi kabar baik bagi eksportir maupun perusahaan tambang di Indonesia. Beijing menjadi negara tujuan utama ekspor emas hitam RI dengan kontribusi hingga 35 persen dari total ekspor 2022.

Rayful Mudassir

6 Mar 2023 - 18.20
A-
A+
Nasib Ekspor Batu Bara RI Tertolong Sikap China

Aktivitas kontrak pertambangan PT Petrosea Tbk. Anak usaha Indika Energy ini memiliki pengalaman 48 tahun di bidang kontraktor pertambangan./petrosea.com

Bisnis, JAKARTA — Industri batu bara Indonesia agaknya dapat bernapas lega seiring dengan sikap China akan mempertahankan penggunaan emas hitam di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Sinyal permintaan batu bara dari China akan terus menguat meski negara itu sedang memperbesar penggunaan energi bersih. Kondisi ini memberi angin segar pula bagi pertambangan di Tanah Air di tengah pelemahan harga di pasar ekspor. 

Perdana Menteri Li Keqiang dalam sebuah pidato baru-baru ini menyoroti peran batu bara dalam memastikan pasokan energi dan menjaga harga domestik pada tingkat yang relatif rendah tahun lalu meskipun terjadi inflasi global.

Dukungan untuk batu bara ini diklaim tidak akan datang dengan mengorbankan energi bersih. Pemerintahan Xi Jinping bahkan tengah menggodok megaproyek energi terbarukan, penyimpanan listrik, dan prioritas peningkatan jaringan listrik untuk 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Nasib Ekspor Batu Bara RI Tertolong Sikap China

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.