Nasib Garuda dan Kian Menantangnya Industri Aviasi

Mereka setidaknya berebut kue 41 juta penumpang sepanjang 2022. Meski terbilang lebih kecil dibandingkan masa normal, akan tetapi jumlah ini jauh lebih baik dibandingkan dengan 2021 dengan total 30,7 juta penumpang.

Rayful Mudassir

25 Apr 2022 - 23.45
A-
A+
Nasib Garuda dan Kian Menantangnya Industri Aviasi

Bisnis, JAKARTA - Kesepakatan untuk menyelamatkan Garuda Indonesia dari jurang kebangkrutan menjadi kabar baik bagi maskapai tersebut. Di sisi lain, industri aviasi di Indonesia makin menantang seiring dengan perebutan kue penumpang angkutan udara. 

Panja Penyelamatan Garuda Komisi VI DPR dan Kementerian BUMN sepakat untuk menjalankan skema penyelamatan terhadap badan usaha penerbangan plat merah tersebut. Langkah ini merupakan kabar baik bagi Garuda di tengah terpaan kewajiban pembayaran utang. 

Meski kondisi Garuda terselamatkan, tidak demikian dengan kondisi industri penerbangan di Indonesia. Persaingan antarmaskapai dan terpaan pandemi Covid-19 selama dua tahun berturut-turut menyebabkan kondisi industri penerbangan Tanah Air cukup berdarah-darah.

Sejak corona meluas, gelompang pemutusan hak kerja maupun upaya merumahkan karyawan dilakukan perusahaan penerbangan untuk menekan pengeluaran. Kondisi ini sejalan dengan tengkurapnya bisnis transportasi udara akibat kehilangan jumlah penumpang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Nasib Garuda dan Kian Menantangnya Industri Aviasi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.