Nasib Pelaku UMKM Setelah Tata Kelola Social Commerce Diatur

Setelah pemerintah menerbitkan kebijakan baru sebagai upaya melindungi usaha mikro, kecil dan menengah dengan mengatur pergerakan platform digital, kini tersisa satu pekerjaan lainnya: memacu pelaku UMKM berkompetisi.

Rayful Mudassir

28 Sep 2023 - 19.24
A-
A+
Nasib Pelaku UMKM Setelah Tata Kelola Social Commerce Diatur

ilustrasi belanja online ecommerce.

Bisnis, JAKARTA - Setelah pemerintah menerbitkan kebijakan baru sebagai upaya melindungi usaha mikro, kecil dan menengah dengan mengatur pergerakan platform digital, kini tersisa satu pekerjaan lainnya: memacu pelaku UMKM berkompetisi. 

Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 50/2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik telah diterbitkan pada Rabu (27/9/2023). 

Regulasi ini dianggap sebagai jawaban atas dugaan maraknya produk impor yang masuk melalui media sosial. Platform tersebut juga membuka praktik perniagaan elektronik atau social commerce. 

Contoh paling dekat adalah TikTok, Instagram hingga Facebook. Selain berlaku sebagai media sosial, ketiganya turut menjadi aplikasi selayaknya e-commerce. Muncul dugaan, di antara pemain tersebut turut memasok produk asing dengan harga miring. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.