Nasib Rupiah, Bagai Sepah Dibuang Para Begawan Dagang

Jangkauan perjanjian mata uang lokal untuk transaksi lintas negara yang dilakukan Indonesia masih terbatas untuk dapat mengimbangi penguatan dolar Amerika Serikat. Dampaknya, kinerja ekspor dan impor Indonesia terkoreksi akibat beban nilai tukar greenback.

Wike D. Herlinda

16 Feb 2022 - 21.00
A-
A+
Nasib Rupiah, Bagai Sepah Dibuang Para Begawan Dagang

Uang dolar dan rupiah di salah satu money changer di Jakarta, Rabu (16/2/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA — Berbagai upaya pemerintah untuk menarik pengusaha menggunakan mata uang lokal dalam kegiatan ekspor impor tidak kunjung berjalan optimal. Industriawan masih saja memilih dolar AS guna menghindari sejumlah risiko fluktuasi nilai tukar.

Rendahnya minat pengusaha dalam memanfaatkan fasilitas local currency settlement (LCS) yang sudah berjalan sejak 2018 diakui oleh Ketua Umum Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Benny Soetrisno.

Para eksportir cenderung kurang melirik skema LCS dalam transaksi perdagangan dengan empat negara yang sudah menjalin kesepakatan transaksi mata uang lokal dengan Indonesia; seperti China, Jepang, Malaysia dan Thailand. 

Benny beralasan program itu cenderung mengikis keuntungan eksportir akibat nilai tukar mata uang lokal dengan negara terkait lebih lemah dibandingkan dengan nilai dolar Amerika Serikat. Konsekuensinya, eksportir cenderung melakukan transaksi dagang mengikuti harga greenback.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
company-logo

Lanjutkan Membaca

Nasib Rupiah, Bagai Sepah Dibuang Para Begawan Dagang

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.