Nasib Saham Teknologi GOTO Cs setelah Suku Bunga BI Naik

Kenaikan suku bunga BI akan memberikan tekanan kepada perusahaan teknologi yang mengandalkan pinjaman.Lalu, apa saja katalis yang dapat mendorong saham-saham emiten teknologi, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Cs ?

Annisa Kurniasari Saumi

28 Apr 2024 - 15.50
A-
A+
Nasib Saham Teknologi GOTO Cs setelah Suku Bunga BI Naik

Potret pergerakan saham GOTO pada Selasa (13/12/2022). - Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis, JAKARTA— Kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI Rate menjadi 6,25% menjadi katalis negatif saham sektor teknologi di Bursa Efek Indonesia. Kondisi tersebut tercermin IDX Techno yang masih menjadi pemberat utama di atara indeks sektoral lainnya. 

Equity Research Analyst Kiwoom Sekuritas Vicky Rosalinda mengatakan, adanya kenaikan suku bunga, investor akan lebih berhati-hati untuk berinvestasi di emiten teknologi. “Sehingga hal tersebut dapat membuat penurunan harga saham hingga penurunan kinerja,” tutur Vicky, dikutip Minggu (28/4/2024). 

Selain itu, lanjutnya, peningkatan suku bunga BI akan sangat berdampak terhadap pelemahan indeks saham yang menaungi saham-saham teknologi, yakni IDX Techno. Vicky memperkirakan pelemahan lebih dalam terhadap IDX Techno dapat terjadi karena sektor teknologi termasuk sektor yang sensitif terhadap suku bunga.

Kendati begitu, yang menjadi katalis bagi emiten teknologi tahun ini adalah adanya penurunan suku bunga, kebijakan pemerintah untuk mendukung perkembangan ekonomi digital, serta adanya peluncuran produk, inovasi atau layanan baru dari emiten tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.