Nasib Tenaga Kerja Bank Jumbo Kala Kantor Cabang Kian Menyusut

Digitalisasi yang pesat membuat jumlah kantor bank kian menyusut. Di tengah tren penyusutan itu, bagaimana nasib tenaga kerja di bank-bank jumbo seperti BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BCA?

Fahmi Ahmad Burhan & Emanuel Berkah Caesario

18 Sep 2023 - 14.32
A-
A+
Nasib Tenaga Kerja Bank Jumbo Kala Kantor Cabang Kian Menyusut

Ilustrasi layanan digital vs kantor cabang bank. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Perkembangan digitalisasi yang kian masif di industri perbankan telah berdampak pada penurunan tajam jumlah kantor cabang selama beberapa tahun terakhir. Hal tersebut pun membangkitkan tanda tanya terkait nasib karyawan bank dan masa depan tenaga kerja perbankan.

Berdasarkan data Statistik Perbankan Indonesia yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seiring dengan pesatnya digitalisasi, jumlah kantor cabang bank umum di Indonesia susut 104 unit dalam setahun terakhir menjadi 3.449 unit per Juni 2023.

Sementara itu, keseluruhan angka jaringan kantor bank juga terus menurun. Jumlah kantor bank umum di Indonesia mencapai 24.784 unit pada Juni 2023, berkurang 857 unit dalam setahun atau dibandingkan Juni 2022 sebanyak 25.641 unit.

Bila ditarik 5 tahun ke belakang, terdapat 7.160 unit kantor bank yang tutup. Pada Juni 2018 lalu, jumlah kantor bank umum yang beroperasi masih mencapai 31.944 unit. Padahal, jumlah bank umum di Indonesia hanya turun 10 bank dalam lima tahun, dari 115 bank umum pada Juni 2018 menjadi 105 bank umum pada Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.