Negara Landlocked

Masyarakat Republik Kazakhstan membutuhkan paspor jika ingin menikmati hembusan angin pantai. Mereka harus berkunjung ke wilayah negara lain untuk sekadar melihat laut.

Akhirul Anwar

21 Des 2022 - 07.00
A-
A+
Negara Landlocked

Bisnis, JAKARTA - Masyarakat Republik Kazakhstan membutuhkan paspor jika ingin menikmati hembusan angin pantai. Mereka harus berkunjung ke wilayah negara lain untuk sekadar melihat laut.

Secara geografis, negara itu berbatasan langsung dengan Rusia sisi utara dan barat, China di sisi timur, dan Uzbekistan, Turkmenistan, Kirgiztan, serta Laut Kaspia di sisi selatan. Laut Kaspia sebenarnya danau besar yang tidak terkoneksi secara alami dengan samudra di dunia.

Danau Kaspia disebut laut karena ukurannya yang sangat besar menyerupai laut sehingga tidak bisa dibangun pelabuhan.

Dengan tidak adanya akses terhadap dunia maritim, Kazakhstan menjadi salah satu negara landlocked atau negara yang terkurung oleh daratan. Kondisi ini menyulitkan dalam urusan logistik terutama kegiatan ekspor-impor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Negara Landlocked

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.