Negara Penadah Dominan Sawit RI & Gejolak Harga CPO Terkendali

India dan Pakistan sebagai penadah dominan kelapa sawit mentah (CPO) mengharapkan Indonesia memiliki kebijakan yang lebih liberal yang tidak sampai menghentikan bisnis. Sementara dari sisi gejolak harga komoditas tersebut diproyeksi lebih terkendali.

Asteria Desi Kartikasari

10 Nov 2022 - 15.16
A-
A+
Negara Penadah Dominan Sawit RI & Gejolak Harga CPO Terkendali

Pekerja menata kelapa sawit saat panen di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor, Minggu (30/8/2020). Badan Litbang Kementerian ESDM memulai kajian kelayakan pemanfaatan minyak nabati murni (crude palm oil/CPO) untuk pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) hingga Desember 2020. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, MANGUPURA — India dan Pakistan boleh dibilang menjadi negara destinasi utama atau penadah dari sawit Indonesia. Meskipun, penguasaha negara tersebut masih mengeluhkan sejumlah tantangan di tengah gejolak minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO).

Kebijkan pelarangan ekspor sementara CPO oleh pemerintah Indonesia memiliki andil besar terhadap gejolak pasar global komoditas tersebut. Meskipun kebijakan tersebut tidak lama, dan kemudian dicabut pada 23 Mei 2022.

Executive Director The Solvent Extractor’s Association of India BV Mehta dalam Global Vegetable Oil Markets: Regional Perspective di Indonesian Palm Oil Conference (IPOC), 4 November 2022, mengatakan India bergantung impor kelapa sawit sebesar 60 persen. Dia menyebut dua tahun terakhir CPO Indonesia menjadi pilihan utama India. Namun setelah kebijakan pelarangan ekspor, dia mengklaim pasar Indonesia berkurang, lantaran digantikan oleh Malaysia.

Jika diperinci, prosentase, lanjutnya, impor dari Malaysia sekitar 50 persen, Indonesia 45 persen, dan 5 persen sisanya dari Thailand dan sejumlah negara. Dari semua minyak nabati, konsumsi minyak sawit saat ini di atas 33 persen, sementara minyak kedelai 23 persen, diikuti minyak mustard 15 persen dan minyak biji bunga matahari 8 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Negara Penadah Dominan Sawit RI & Gejolak Harga CPO Terkendali

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.