Negosiasi ‘Merger’ Bank Nobu-Bank MNC Tak Usai Juga

Kabar merger kedua bank milik konglomerat itu mengemuka sejak awal 2023. Akan tetapi, pelaksanaan merger molor dari waktu yang ditargetkan untuk rampung pada Agustus 2023.

Arlina Laras

4 Apr 2024 - 21.24
A-
A+
Negosiasi ‘Merger’ Bank Nobu-Bank MNC Tak Usai Juga

Bisnis, JAKARTA – Proses merger PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo dengan PT Bank Nationalnobu Tbk. (NOBU) milik taipan James Riady belum juga mencapai titik temu.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Dian Ediana Rae mengatakan bahwa sampai saat ini, para pemegang saham pengendali (PSP) masih dalam tahap komunikasi mengenai aksi korporasi.

Mengingat kedua entitas merupakan bagian dari ekosistem konglomerasi yang besar, tambah Dian, membuat kompleksitas bisnis kian tinggi. Akibatnya negosiasi tersebut memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Baca juga: Menakar Prospek Saham GGRM Usai Cetak Lonjakan Laba pada 2023

“Serta [ini juga terkait] rencana pengembangan dan sinergi bisnis bank ke depan,” ucapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (4/4/2024)

Dian menjelaskan bahwa OJK akan intens melakukan monitoring untuk memastikan pelaksanaan komitmen merger dari kedua bank dapat terlaksana dengan senantiasa memperhatikan kesesuaiannya atas ketentuan yang berlaku. 

“Sebagaimana diketahui proses merger tersebut merupakan inisiatif kedua bank tersebut, dan selanjutnya itu menjadi komitmen mereka,” kata Dian.

Kabar merger kedua bank milik konglomerat itu mengemuka sejak awal 2023. Akan tetapi, pelaksanaan merger molor dari waktu yang ditargetkan untuk rampung pada Agustus 2023.  



Meski begitu, Dian sempat menyinggung bahwa merger kedua bank itu menjadi point of no return alias harga mati dalam konsolidasi perbankan Tanah Air.

Rencana merger kedua bank juga merupakan wujud komitmen dari pemegang saham secara business to business (B2B) dalam rangka mendukung konsolidasi serta penguatan industri perbankan. 

Mengacu kepada laporan keuangannya, seiring dengan rencana merger, baik Bank Nobu dan Bank MNC sama-sama mencatatkan kinerja laba yang moncer sepanjang 2023.

Baca juga: Merger Bank Nobu dan Bank MNC Tak Kunjung Usai, OJK Beberkan Sebabnya

Bank Nobu membukukan laba bersih Rp141,54 miliar, naik 36,3% pada 2023 dari sebelumnya Rp103,85 miliar pada 2022. 

Sementara, Bank MNC milik konglomerat Hary Tanoe mencatatkan laba bersih Rp77,91 miliar pada 2023, meningkat 48,4% secara tahunan (year on year/YoY) dibandingkan laba bersih tahun sebelumnya Rp52,5 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.