Neraca Pembayaran Indonesia Dihantui Ekonomi Global

Meluasnya dampak pelemahan ekonomi global benar adanya setelah neraca pembayaran Indonesia (NPI) berbalik defisit sebesar US$7,4 miliar, seiring dengan kinerja ekspor yang melempem.

Nindya Aldila

22 Agt 2023 - 20.31
A-
A+
Neraca Pembayaran Indonesia Dihantui Ekonomi Global

Aktivitas bongkar muat peti kemas di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. (Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Bisnis, JAKARTA - Meluasnya dampak pelemahan ekonomi global benar adanya setelah neraca pembayaran Indonesia (NPI) berbalik defisit sebesar US$7,4 miliar, seiring dengan kinerja ekspor yang melempem.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono mencermati adanya kondisi penurunan harga komoditas, perlambatan ekonomi global, dan kenaikan permintaan domestik. BI masih optimistis kinerja NPI kuartal II/2023 yang terjaga akan mampu terus menopang ketahanan eksternal Indonesia.

“Ke depan, BI senantiasa mencermati dinamika perekonomian global yang dapat mempengaruhi prospek NPI dan terus memperkuat respons bauran kebijakan yang didukung sinergi kebijakan yang erat dengan pemerintah dan otoritas terkait guna memperkuat ketahanan sektor eksternal,” katanya dalam keterangan resmi pada Selasa (22/8/2023).

Sebagai komponen penting dalam neraca pembayaran, indikator transaksi berjalan juga menunjukkan pelemahan hingga defisit sebesar US$1,9 miliar atau 0,5 persen dari PDB. Pelemahan terjadi setelah membukukan surplus US$3 miliar pada kuartal sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.