Neraca Perdagangan Melompat, Indonesia Bisa Lari Lebih Cepat?

Pengamat menduga surplus berada pada kisaran US$3,1 miliar. Sementara itu, BPS mengumumkan surplus di bulan Februari menembus angka US$3,83. Surplus neraca perdagangan pada Februari 2022 merupakan surplus ke 22 secara beruntun sejak 2020.

Saeno

16 Mar 2022 - 00.27
A-
A+
Neraca Perdagangan Melompat, Indonesia Bisa  Lari Lebih Cepat?

Batu bara menjadi salah satu "pahlawan" penggerak lompatan neraca perdagangan/Adaro

Bisnis, JAKARTA – Perkiraan pengamat bahwa neraca perdagangan Indonesia akan meningkat terjawab sudah. Bahkan, terjadi surplus neraca perdagangan di atas perkiraan. Pengamat menduga surplus berada pada kisaran US$3,1 miliar. Sementara itu, BPS mengumumkan surplus di bulan Februari menembus angka US$3,83.

Capaian tersebut merupakan surplus ke 22 secara beruntun sejak 2020. Surplus yang terjadi pada Februari 2022 meningkat dibandingkan Januari yang mencapai US$930 juta. Nilai ekspor tercatat mencapai US$20,46 miliar, mengalahkan nilai impor yang berada di posisi US$16,64 miliar.

Prediksi pengamat bahwa harga komoditas akan menjadi faktor pendorong dikonfirmasi penjelasan Kepala BPS Margo Yuwono. Menurut Margo surplus neraca perdagangan pada Februari dipicu kenaikan harga komoditas antara lain batu bara, tembaga, timah, dan nikel.  

Margo menyebutkan nilai ekspor Februari 2022 naik 6,7 persen dibandingkan Januari 2022 dan naik 34,14 persen dibandingkan Februari 2021. 

"Kondisi ekspor pada Januari 2022 dan Februari 2022 lebih baik dari tahun sebelumnya," ujar Margo, Selasa (15/3/2022). 

Secara tahunan, kenaikan neraca perdagangan didorong oleh ekspor nonmigas yang naik 35,24 persen. Sementara itu, ekspor migas naik 15,60 persen.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Neraca Perdagangan Melompat, Indonesia Bisa Lari Lebih Cepat?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.