NextGenRanger : Ilusi Optiknya Bukan Kamuflase Biasa

Ford memastikan tengah menyiapkan #NextGenRanger. Akan tetapi, stiker kamuflase yang tak biasa itu membuat desain akhir dan fitur model masih sulit terbaca.

Moh. Fatkhul Maskur

11 Okt 2021 - 15.27
A-
A+
NextGenRanger : Ilusi Optiknya Bukan Kamuflase Biasa

#NextGenRanger. - Foto Ford

Bisnis, JAKARTA - Ford memastikan tengah menyiapkan #NextGenRanger. Akan tetapi, stiker kamuflase yang tak biasa itu membuat desain akhir dan fitur model masih sulit terbaca.   

Stiker kamuflase dengan pola, coretan, dan putaran yang membingungkan adalah cara pembuat mobil untuk melindungi prototipe rahasia mereka dari mata-mata.

Tujuan dari pola ini adalah untuk membuyarkan pandangan dan mencegah mata-mata industri untuk dapat fokus pada fitur kendaraan.

Kamuflase terbaru Ford, yang terinspirasi oleh pola balok pada pembalap Bronco R Baja serta pegunungan, menggunakan ratusan balok biru, hitam, dan putih dalam pola piksel untuk memecah tampilan bentuk dasar kendaraan saat dalam keadaan diam dalam pengembangan.

Meski demikian, Ford tidak berusaha menyembunyikan fakta bahwa model ini adalah #NextGenRanger berkat tagar dan kode QR yang ada di dalam polanya. Namun, Ford belum ingin sepenuhnya mengungkapkan desain akhir.

Dirancang oleh tim di Ford's Design Center di Melbourne, Australia, pola kamuflase ini menciptakan ilusi optik yang menyulitkan untuk memilih fitur eksterior di bawah sinar matahari, sementara elemen reflektif membantu menyembunyikan bentuk kendaraan di malam hari.

“Kami diminta untuk mengembangkan kamuflase yang memungkinkan Anda untuk melihat dengan jelas bahwa ini adalah Ranger baru tetapi tidak melihatnya secara bersamaan,” kata Leigh Cosentino, Manajer Desain di Ford Australia, seperti dikutip dalam keterangan Ford, Senin (11/10/2021).

Lee Imrie, desainer Ford Australia, mengatakan bahwa inspirasi awalnya datang dari livery Baja yang digunakan Ford, karena dirinya adalah penggemar berat motorsport. Baginya, sulit untuk tidak terobsesi dengan mesin seperti itu.

Menurut Leigh Cosentino, proyek ini lebih dari sekadar menyamarkan fitur-fitur utama dalam lembaran logam. Ia ingin desainnya dinamis dan menggairahkan serta membangun antisipasi terhadap terungkapnya #NextGenRanger tanpa terlihat seperti turunan kamuflase militer.

Oleh karena itu, kamuflase itu berakhir dengan desain ini yang padat di bagian bawah dan kemudian polanya menyebar ke arah atap. Itu akhirnya menjadi kamuflase yang baik, secara visual menarik tetapi juga memberi pola rasa gerakan. Ini bukan tipe kamuflase statis yang biasa.

Tidak ada garis pada camo yang sejajar dengan apa pun di eksterior. Itu berarti Anda tidak dapat melihat volume atau bentuk atau garis di dalam kendaraan. Tujuan dengan desain ini adalah untuk menyebarkan pandangan sehingga Anda tidak dapat fokus pada garis tertentu; dan tambalan warna menambah efek itu.

Akan tetapi ada lebih banyak pola dari sekadar menghamburkan mata. Imrie mengatakan bahwa dia mendasarkan pola pada pembalap Bronco R, dan mengambil inspirasi dari Next-Generation Ranger itu sendiri.

“Saya mulai dengan kotak yang diputar pada 45 derajat, dan menyebarkannya ke seluruh halaman, mencoba membuat siluet lanskap puncak gunung yang berulang yang menggemakan orientasi gaya hidup Ranger Generasi Berikutnya. Ketika Anda mundur, tampak ilusi otik itu memiliki hubungan yang jelas dengan kamuflase militer digital tetapi dengan koneksi ke alam, ”kata Imrie.

Pola digital membutuhkan waktu dua bulan bagi tim untuk dikembangkan dan diuji. Ini dicetak ke vinil dan diterapkan dalam dua tahap yang membutuhkan waktu hingga dua hari untuk diterapkan.

Lapisan dasar kendaraan penuh berisi blok biru, hitam, dan putih dan diterapkan dengan cara yang sama seperti pembungkus biasa. Yang kedua, 'lapisan' reflektif terdiri dari hingga seratus elemen reflektif individu yang ditempatkan pada kendaraan.

 

Sementara itu, para insinyur Ford akan melakukan final sign-off drive di #NextGenRanger dengan kode QR yang dirancang untuk memungkinkan mereka yang melihatnya terlibat dan berlangganan buletin email Next-Gen Ranger.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.