Nikel RI Makin Berkilau di Tengah Gugatan Uni Eropa ke WTO

Produk nikel indonesia makin berkilau setelah pemerintah menyetop ekspor bijih nikel atau nikel ore pada 2020. Peningkatan daya saing ini terjadi di tengah gugatan Uni Erope ke organisasi perdagangan dunia (WTO) terhadap kebijakan berani RI tersebut.

Rayful Mudassir

19 Sep 2022 - 07.34
A-
A+
Nikel RI Makin Berkilau di Tengah Gugatan Uni Eropa ke WTO

Bisnis, JAKARTA - Langkah pemerintah memperluas penghiliran komoditas nikel mulai berbuah manis. Kendati mendapat penolakan dari Uni Eropa, kebijakan ini nyatanya memberikan peningkatan nilai ekspor cukup signifikan dari logam ini. 

Sejak pertama kali menyetop ekspor nikel ore atau bijih nikel, pro kontra seketika muncul. Sektor hulu mengkhawatirkan penurunan angka permintaan. Sementara Uni Eropa langsung menggugat langkah RI ke organisasi perdagangan dunia (WTO).

Di tengah upaya gugatan itu, pemerintah terus memacu perkembangan industri hilir nikel. Tujuannya sederhana, nikel ore dapat diserap oleh industri dalam negeri untuk diolah menjadi produk -minimal- setengah jadi. Barulah kemudian diekspor ke pasar dunia. 

Baca Juga: Sepak Terjang Penghiliran Nikel yang Pikat Investor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Nikel RI Makin Berkilau di Tengah Gugatan Uni Eropa ke WTO

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.