Nilai Manfaat Penyelengaraan Haji Diproyeksi Rp14,32 Triliun

BPKH berupaya meningkatkan nilai manfaat melalui investasi dalam rangka menjaga keberlanjutan keuangan haji ke depannya.

Pernita Hestin Untari

3 Okt 2023 - 17.14
A-
A+
Nilai Manfaat Penyelengaraan Haji Diproyeksi Rp14,32 Triliun

Jemaah haji Indonesia saat akan berangkat ke Tanah Suci. /Dok. Kementerian Agama

Bisnis, JAKARTA — Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Fadlul Imansyah memproyeksikan bahwa net operational dana penyelenggara ibadan haji (PIH) akan berkurang sebesar Rp1,22 triliun pada akhir 2023. 

Hal tersebut memperhitungkan beban terbesar transfer BPIH yakni sebesar Rp8,15 triliun dengan proyeksi pendapatan nilai manfaat dana PIH Rp10,4 triliun pada 2023. 

Adapun dengan net operational tersebut, maka akumulasi manfaat yang sampai dengan akhir tahun 2022 terkumpul 15,54 triliun akan terpakai Rp1,22 triliun. 

“Dan akumulasi nilai manfaat akhir tahun 2023 yakni Rp14,32 triliun,” kata Fadlul dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI, Senin (2/10/2023). 

Baca juga: NTP September Naik 2,05% Disokong Indeks Harga Petani Tumbuh

Fadlul mengatakan bahwa BPKH akan berupaya meningkatkan nilai manfaat melalui investasi. Hal tersebut dalam rangka menjaga keberlanjutan keuangan haji ke depannya. 

Selain itu, diharapkan dengan adanya rasionalisasi melalui peningkatan rasio jemaah terhadap BPIH dan penggunaan nilai manfaat sesuai kemampuan keuangan haji. 


Kepala BPKH Fadlul Imansyah. Bisnis/Rika A.

“Dalam rangka peningkatan nilai manfaat tersebut, BPKH akan berupaya meningkatkan dana kelolaan bekerja sama dengan Kementerian Agama, dalam hal ini melalui program saldo setoran baik dengan cara mencicil agar mendekati biaya perjalanan haji,” ungkapnya. 

Baca juga: Tuah 10 Langkah Membuat Pariwisata Kembali Bergairah

Adapun pada 2020 dan 2021 akumulasi nilai manfaat dana PIH secara berurutan mencapai Rp5,71 triliun dan Rp13,8 triliun. Kenaikan tersebut sebagaimana diketahui karena tidak adanya pengeluaran untuk penyelenggaraan haji karena pandemi Covid-19. 

Terakhir,  Fadlul juga menyampaikan operasional dana abadi umat (DAU) jumlah penyaluran program kemaslahatan mencapai Rp179 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.