Nissan Luncuran Mobil Concept 20-23, Urban dan Spotif

Consept 20-23 yang mereka rancang merupakan mobil hatchback kompak yang sangat dipengaruhi oleh dunia balap online.

Fatkhul Maskur

26 Sep 2023 - 14.25
A-
A+
Nissan Luncuran Mobil Concept 20-23, Urban dan Spotif

Nissan Concept 20-23. - Foto Nissan

Bisnis, JAKARTA–Nissan meluncurkan mobil konsep urban sportif bertenaga listrik Nissan Concept 20-23, Selasa (26/9/2023), sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-20 studio desainnya yang bermarkas di London.

Concept 20-23 diluncurkan oleh Makoto Uchida, Presiden dan Chief Executive Officer Nissan, di atas kapal tongkang terapung yang ditambatkan tepat di luar NDE di bentangan Paddington Basin di kanal Grand Union.

Concept 20-23 dirancang oleh tim yang terdiri atas desainer muda NDE, dengan arahan sederhana untuk menciptakan sebuah mobil yang ingin mereka kendarai di jalanan kota tempat mereka bekerja.

“Tim muda di NDE diberi penjelasan sederhana: rancang city car listrik menyenangkan yang Anda sukai untuk mengemudi setiap hari di London," kata Alfonso Albaisa, Senior Vice President Nissan untuk desain global.

Nama Consept 20-23 mencerminkan 20 tahun posisi NDE di jantung kota London, serta nomor tradisional perusahaan 2 (ni) 3 (san), sekaligus tahun ketika konsep tersebut terlahir.

Hal ini juga meneruskan tradisi panjang Nissan dalam menghadirkan keceriaan di dunia hatchback dan city car. Dengan warisan mobil Pike milik Nissan, seperti Be-1, Pao, Figaro, dan S-Cargo, Concept 20-23 menghadirkan sentuhan abad ke-21 pada tradisi mobil kecil ini.

Consept 20-23 yang mereka rancang merupakan mobil hatchback kompak yang sangat dipengaruhi oleh dunia balap online. "Saya menyukai kisah yang menceritakan tentang bagaimana dunia kehidupan kota modern, gim online, dan mobilitas tanpa emisi saling bersinggungan,” kata Alfonso.

Sentuhan modern pada keceriaan mobil kecil ini mencerminkan dunia balap online dan partisipasi Nissan dalam Formula E. Gaya bodi hatchback 3 pintu menampilkan tambahan aerodinamis ekstrem di bagian depan dan belakang, dengan rok dalam yang mengarahkan aliran udara dari bagian depan mobil melalui lubang pendingin rem dan keluar melalui ventilasi tepat di belakang roda depan.

Hidung mobil terdiri atas bidang datar yang bersudut hingga ke atas kap mesin, memberikan permukaan depan yang bersih secara tak terduga.

Di sinilah letak lampu depan, dengan tampilan khasnya berupa setengah lingkaran tipis atas dan bawah serta dipertegas dengan sorotan tajam berkat teknologi LED. Lampu sein merupakan bagian dari unit LED setengah lingkaran yang sama.

Mereka memberikan tampilan ramah pada bagian depan Concept 20-23, di antara bentuk kompleks yang mengatur aliran udara.

Dari samping, kekokohan mobil ini terlihat dari lengkungan roda memanjang yang menyelimuti roda besar dengan ban low profile. Sisi atas lengkungan roda depan dan belakang dilengkapi kisi-kisi berventilasi untuk mengurangi tekanan yang dapat menciptakan hambatan udara di ruang roda.

Lengkungan lengkungan roda tiba-tiba berakhir pada tingkat pintu bawah tempat perpotongan sudut membingkai saluran keluar udara di belakang roda depan. Dan, celah bersudut yang sama pada lengkungan roda belakang memungkinkan aliran udara mendinginkan rem belakang. Rok memanjang memeluk sisi bodi di bagian bawah mobil.

Di bagian belakang, spoiler satu bagian besar muncul secara harmonis dari rel atap, dengan pelat ujung yang melengkung dari dekat vertikal dekat pilar C ke elemen horizontal bersudut yang menghasilkan gaya tekan ke bawah.

Visibilitas belakang tidak terganggu oleh spoiler belakang, sehingga menghindari masalah umum yang dihadapi mobil sport dengan spoiler belakang.

Seperti bagian depan, masing-masing lampu belakang terdiri atas LED setengah lingkaran atas dan bawah tipis yang kontras dengan bentuk persegi di bagian bawah yang ditandai dengan bentuk fungsional untuk mengatur aliran udara dan memaksimalkan penciptaan downforce dengan udara keluar dari bawah mobil.

Lebar keseluruhan mobil dipertegas dengan garis horizontal di bawahnya yang tampak seperti senyuman lembut yang mendefinisikan garis luar hatchback belakang.

Saluran masuk udara tipis diintegrasikan ke dalam atap mobil yang bertemu dengan header kaca depan, memberikan ventilasi kepada penumpang saat mereka menikmati performa Concept 20-23.

Cat eksterior abu-abu memiliki finishing bertekstur, memberikan kesan seperti dipahat dari sepotong logam, mencerminkan lingkungan berpasir yang dirancang untuk dihuni. Nomor perusahaan – 23 – terdapat di tiga perempat bagian belakang mobil.

Meskipun model mobil Concept 20-23 hanyalah model eksterior saja, tim desainer interior menciptakan interior yang mencerminkan sifat eksterior yang sangat sportif. Pertama, pintu masuknya melalui dua pintu gunting yang berengsel ke atas dari dasar pilar A.

Sebuah palang penyangga melintang di bukaan pintu yang dilapisi bantalan busa untuk melindungi siku, sehingga pengemudi dan penumpang harus melangkahinya untuk mencapai tempat duduk mereka.

Dua kursi bucket menawarkan dukungan yang kuat, namun tidak mengorbankan kenyamanan. Mereka dipangkas dengan warna hampir putih, dengan penyangga kepala besar yang mengingatkan pada mobil balap.

Begitu berada di posisinya, pengemudi disambut kolom kemudi memanjang yang berpuncak pada roda kemudi sport persegi panjang berhias berbagai kontrol dan penyesuaian. Dayung untuk mengatur kinerja powertrain listrik dan sakelar tambahan berada dalam jangkauan ujung jari di belakang kemudi.

Kolom kemudi ditopang oleh dudukan serat karbon yang dipasang pada posisinya dari dasar bukaan besar dan terbuka yang membentuk konsol tengah.

Di antara dua penumpang, dua balok logam menahan konsol tengah pada posisinya dan dibaut ke “tulang punggung” mobil yang muncul dari lantai. Di bawah dua palang penyangga, dipasang alat pemadam kebakaran.

Interiornya merupakan interpretasi futuristik dari fungsionalitas mobil balap, hanya beberapa layar yang menampilkan informasi penting dengan gangguan minimal, seperti peserta Formula E Nissan yang menginspirasi pengaturan simulator balap online.

Secara ringkas, Consept 20-23 adalah perayaan 20 tahun NDE, di mana ide-ide berani telah terbentuk dan menjadi kenyataan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.