OPEC+ Pangkas Produksi, Perang Hibrid Minyak Siap Makan Korban

Kesepakatan OPEC+, yang di dalamnya termasuk Rusia, untuk memangkas produksi memancing kemarahan Amerika Serikat. Perang hibrid melalui minyak dunia memasuki masa-masa genting.

Saeno

10 Okt 2022 - 15.48
A-
A+
OPEC+ Pangkas Produksi, Perang Hibrid Minyak Siap Makan Korban

OPEC+ memutuskan untuk memangkas produksi mulai November 2022, sebulan sebelum sanksi Uni Eropa untuk minyak Rusia berlaku./Antara

Bisnis, JAKARTA – Menjelang penerapan sanksi Uni Eropa atas ekspor energi dari Rusia, OPEC+ memutukan untuk memangkas produksi minyaknya. OPEC+ memilih memangkas produksi mulai November 2022 untuk mengembalikan harga minyak dunia ke harga normal. Kesepakatan OPEC+, yang di dalamnya termasuk Rusia, memancing kemarahan Amerika Serikat. Perang hybrid melalui minyak dunia memasuki masa-masa genting.

OPEC+ pada Rabu (5/10/2022) mengumumkan rencana pengurangan produksi besar-besaran, sebanyak 2 juta barel per hari mulai November 2022. Pengurangan terbesar sejak 2020 itu dilakukan untuk menopang harga.

Kesepakatan OPEC+ menjelang embargo Uni Eropa terhadap minyak Rusia diprediksi akan menekan pasokan di pasar yang sudah ketat. Tekanan terhadap inflasi dunia pun menjadi kian bertambah. Sanksi Uni Eropa terhadap ekspor minyak Rusia akan mulai berlaku pada 5 Desember 2022.    

Sehari setelah pengumuman OPEC+, harga minyak dunia pun langsung menggeliat. Sementara itu, pada Senin (10/10/2022), Bloomberg seperti dikutip Bisnis.com menyebutkan harga komoditas telah meningkat lebih dari 5 persen pada akhir pekan lalu setelah OPEC+ sepakat memangkas pasokan minyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.