Operasi Kanker Prostat SBY Lancar Tanpa Komplikasi

SBY menjalani operasi kanker prostat di RS St Mary's Mayo Clinic, Amerika Serikat.

Akbar Evandio

12 Nov 2021 - 13.20
A-
A+
Operasi Kanker Prostat SBY Lancar Tanpa Komplikasi

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono bersama sejumlah karya lukisnya./Twitter @Andiarief_

Bisnis, JAKARTA - Presiden Ke-6 RI  Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY telah menjalani operasi kanker prostat. Operasi kanker prostat SBY dikabarkan berlangsung lancar tanpa komplikasi.

Politikus Partai Demokrat Andi Arief menyebutkan SBY telah mendapatkan tindakan medis yang dibutuhkan.

“Alhamdulillah, tindakan medis Bapak SBY sesuai dengan doa dan harapan kita semua,” ujarnya lewat akun Twitter @Andiarief_, dikutip Jumat (12/11/2021).

SBY menjalani operasi kanker prostat di RS St Mary's Mayo Clinic, Amerika Serikat.

Dalam unggahan Andi Arief di Twitter pribadinya, terdapat sebuah video berdurasi 2.20 menit yang memperlihatkan SBY didampingi kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas beserta keluarga lainnya.

"Paling lambat 7.45 akan segera dilakukan tindakan, kita akan menunggu perkembangannya melalui teks yang akan dikirim tim dokter atau mas Ibas. Mudah-mudahan berjalan lancar, diberikan kekuatan untuk bapak agar semuanya diberikan kemudahan dan kelancaran, sehingga hasilnya yang terbaik dan benar-benar bisa menghilangkan segala penyakitnya," kata AHY dalam rekaman video tersebut.

Video tersebut juga memperlihatkan, operasi SBY telah rampung sekitar pukul 10.00 waktu setempat dan berjalan lancar tanpa komplikasi.

Selanjutnya, sekitar pukul 12.00 waktu setempat, SBY dibawa dari ruang operasi ke ruang perawatan pasca-operasi di RS St Marys Mayo Clinic.

SBY didiagnosis menderita kanker prostat berdasarkan pemeriksaan metode magnetic resonance imaging(MRI), biopsi, positron emission tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan.

Sebelumnya, staf pribadi Susilo Bambang Yudhoyono, Ossy Dermawan mengatakan SBY telah memberitahukan kabar kondisi kesehatannya tersebut kepada presiden Joko Widodo (Jokowi).

SBY menghubungi Jokowi untuk melaporkan rencananya berobat ke luar negeri. (Edi Suwiknyo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.