OPINI : Humas Harus Lebih Adaptif pada Era Ketidakpastian

Beberapa hari lagi genap satu bulan kita menjalani aktifitas pada 2023. Kita telah berada dalam situasi ancaman resesi global yang semakin nyata dari dampak memanasnya geopolitik konflik Rusia-Ukraina.

Willy Bachtiar

28 Jan 2023 - 08.17
A-
A+
OPINI : Humas Harus Lebih Adaptif pada Era Ketidakpastian

Sketsa penulis Dosen Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi IPB University/ Ketua Bidang Pengembangan Keanggotaan dan Perhumas Muda, Badan Pengurus Pusat Perhumas Willy Bachtiar

Bisnis, JAKARTA – Tentu kita harus percaya dan tetap optimistis bahwa kita memiliki resiliensi dan bahkan dapat melesat me­lam­paui pencapaian tahun se­be­lumnya yang cukup sulit aki­bat pandemi Covid-19 dan tentunya menghadapi re­se­si global saat ini, di mana In­do­ne­sia diakui oleh global leaders menjadi negara yang paling tepat dan cepat dalam mengatasi pandemi covid-19 dan berhasil menjaga stabilitas ekonomi.

Terlepas dari hal yang sedang terjadi di dunia, fungsi dan dampak dari humas tetaplah sama. Saat krisis, kepercayaan menjadi lebih penting dari sebelumnya dan tentu sudah merupakan tugas utama Humas untuk membentuk kepercayaan tersebut.

Humas dapat membentuk re­putasi perusahaan yang le­bih baik di saat krisis. Sa­lah sa­tu­nya, dengan cara me­nyam­paikan informasi kepa­da kha­layak tentang ak­ti­vitas, ke­ma­juan, dan em­pati dari or­ga­nisasinya. Se­lain untuk mem­­per­tahankan reputasi, pe­ran humas ju­ga berdampak ter­hadap ke­untungan jangka pan­jang perusahaan.

Beberapa tahun terakhir memang revolusioner untuk bidang kehumasan. Sektor Ke­hu­masan terus-menerus di­tan­tang oleh berbagai gejolak, ha­dirnya teknologi baru, lans­kap media yang berubah, munculnya platform sosial baru dan cara menggunakan­nya yang selalu berubah, be­lum lagi adopsi kecerdasan buat­an yang makin meluas, serta permintaan berbasis da­ta untuk model metrik baru te­lah mendorong humas ke area fokus baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.