OPINI : Inilah Seni Membenahi LPEI

Kasus indikasi penipuan atau penyimpangan dana Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) yang dilaporkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memunculkan tantangan besar bagi LPEI, termasuk masalah NPL yang tinggi dan perlunya peningkatan pengawasan serta tata kelola perusahaan yang baik (GCG).

Paul Sutaryono

29 Apr 2024 - 08.37
A-
A+
OPINI : Inilah Seni Membenahi LPEI

Paul Sutaryono, Staf Ahli Pusat Studi Bisnis (PSB) Universitas Prof. Dr. Moestopo

Bagai petir di siang bolong ketika Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan kepada Jaksa Agung mengenai indikasi penipuan atau penyimpangan (fraud) dana Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) pada 18 Maret 2024. Bagaimana membenahi LPEI?

Indikasi tersebut terkait dengan dana yang disalurkan kepada empat perusahaan ekspor. Kredit bermasalah (nonperforming loan/NPL) Rp2,5 triliun. Perusahaan tersebut adalah PT RII Rp1,8 triliun, PT SMS Rp216 miliar, PT SPV Rp144 miliar, dan PT PRS Rp305 miliar. Perusahaan tersebut bergerak di bidang kepala sawit, batu bara, nikel dan perkapalan (Kompas, 19 Maret 2024).

LPEI dibentuk atas dasar UU Nomor 2 Tahun 2009 tentang Lembaga Pembiayaan Ekpor Indonesia efektif 12 Januari 2009. LPEI berfungsi untuk mendukung program ekspor nasional melalui pembiayaan ekspor nasional.

Dalam menjalankan fungsinya, LPEI mempunyai tugas untuk memberi bantuan yang diperlukan oleh pihak-pihak dalam rangka ekspor dalam bentuk pembiayaan, penjaminan, dan asuransi untuk menghasilkan barang dan jasa dan/atau usaha lain yang menunjang ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.