OPINI : Investasi Wajib Jadi Bagian Gaya Hidup

Investasi belum bisa dengan mudah diadopsi sebagai bagian gaya hidup. Kebanyakan masyarakat kita masih begitu mengandalkan cara lama dalam mengelola keuangannya

Afifa

18 Apr 2023 - 06.00
A-
A+
OPINI : Investasi Wajib Jadi Bagian Gaya Hidup

Ilustrasi/Istimewa

Investasi belum bisa dengan mudah diadopsi sebagai bagian gaya hidup. Kebanyakan masyarakat kita masih begitu mengandalkan cara lama dalam mengelola keuangannya: simpanan bank, emas, atau menumpuk uang tunai di rumah. Argumennya sederhana: kapan pun dibutuhkan, simpanan seperti ini dapat dengan mudah diakses.

Hasil riset Diverse Asia yang dirilis Manulife Investment Management (MIM) pada 2022 mencatat secara rata-rata responden Indonesia mengalokasikan 37 persen asetnya dalam bentuk tunai dan simpanan bank, hanya 29 persen  dalam alternatif investasi seperti saham, obligasi, reksa dana, ETF (exchange-traded fund) dan properti.

Sayangnya, ada aspek yang belum dipahami benar dari simpanan beraliran tradisional, yaitu bahaya di depan mata berupa tergerusnya daya beli uang oleh inflasi, si silent robber. Inflasi umum di Indonesia berada pada kisaran 4,1 persen  jika dirata-rata selama 10 tahun terakhir (CAGR). Angka ini terasa kecil, tidak terlalu mengancam. Namun, jika diakumulasi selama 10 tahun, gerusan inflasi Indonesia mencapai 49,1 persen, yang artinya kemampuan uang tunai membeli barang turun sejauh hampir setengahnya. Terasa kan?

Faktanya, emas yang kerap digadang-gadang sebagai sarana investasi andalan sejak zaman nenek moyang ternyata 10 tahun terakhir hanya mempersembahkan pertumbuhan 8,9 persen secara total, atau rata-rata 0,9 persen per tahun (CAGR), jauh dari mampu melawan tindasan inflasi. Di saat yang sama, pasar obligasi Indonesia justru menyajikan keuntungan 90,8 persen secara total dalam 10 tahun terakhir, lebih dari sanggup menjaga daya beli uang kita dari inflasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

OPINI : Investasi Wajib Jadi Bagian Gaya Hidup

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.