OPINI : Jalan Mendaki Menuju Indonesia Emas 2045

Presiden terpilih dipastikan melalui jalan mendaki mewujudkan visi Indonesia Emas 2045

Muhammad Syarkawi Rauf

30 Mar 2024 - 09.57
A-
A+
OPINI : Jalan Mendaki Menuju Indonesia Emas 2045

MUHAMMAD SYARKAWI RAUF, Tenaga Pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin

Ekonom senior AS, Daron Acemoglu dari MIT dan James A. Robinson dari Universitas Harvard dalam bukunya Why Nations Fail; The Origin of Power, Prosperity and Poverty memperingatkan bahwa keterbelakangan di beberapa negara bukan karena faktor geografi atau budaya, tetapi karena pemimpinnya gagal membuat kebijakan yang tepat dan institusi ekonominya bersifat ekstraktif.

Sejalan dengan kedua ekonom di atas, presiden terpilih dipastikan melalui jalan mendaki mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, yaitu perekonomian Indonesia nomor empat terbesar dunia berdasarkan gross domestic product (GDP) dengan purchasing power parity (PPP).

Posisi Indonesia secara global pada 2045 berada di peringkat keempat berdasarkan GDP - PPP. Posisi ini hanya kalah dari China, India dan Amerika Serikat (AS). Kekuatan ekonomi Indonesia saat itu jauh lebih baik dibandingkan dengan Jepang peringkat ke-8, Jerman peringkat ke-9, dan Inggris peringkat ke-10.

Namun, berdasarkan laporan International Monetary Fund (IMF), GDP per kapita Indonesia masih jauh dari GDP per kapita AS di peringkat pertama sebesar US$80.034 pada 2023. Peringkat Indonesia tertinggal jauh di posisi ke-112 pada 2023 dengan pendapatan perkapita hanya US$5.016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

OPINI : Jalan Mendaki Menuju Indonesia Emas 2045

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.