OPINI : Jelantahnomic

Perputaran ekonomi itu dapat kita sebut sebagai ekonomi minyak jelantah atau “Jelantahnomic” yang mengubah minyak jelantah yang sebelumnya tidak bermanfaat menjadi sesuatu yang nilai ekonomi sangat tinggi.

Delly Ferdian

18 Mei 2022 - 10.32
A-
A+
OPINI : Jelantahnomic

DELLY FERDIAN Peneliti di Yayasan Madani Berkelanjutan, Jakarta

Apa yang Anda lakukan dengan minyak goreng bekas di dapur Anda? Apakah langsung membuangnya?

Jika benar, berarti Anda sudah menyiakan satu kesempatan emas untuk menambah penghasilan bahkan jauh daripada itu Anda juga sudah melewatkan kesempatan untuk menyelamatkan dunia dari krisis iklim yang makin menakutkan, hanya dari dapur Anda. Mengapa bisa demikian?

Banyak orang tidak menyadari bahwa minyak goreng bekas (used cooking oil/UCO) atau lebih dikenal dengan minyak jelantah memiliki banyak manfaat. Meskipun manfaatnya untuk menggoreng makanan sudah hilang karena hanya meninggalkan racun yang tidak baik untuk kesehatan, tetapi nilai ekonomi bahkan ekologi yang terkandung di dalamnya belum sepenuhnya hilang.

Faktanya, minyak jelantah yang bagi banyak orang tidak ada gunanya, masih bisa disulap menjadi produk bernilai tinggi seperti salah satunya biodiesel. Biodiesel adalah salah satu bahan bakar nabati (BBN) yang bertujuan sebagai batu lompatan menuju energi yang benar-benar bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

OPINI : Jelantahnomic

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.