OPINI : Kebijakan Ketahanan Iklim

Indonesia sebagai negara perairan dengan luas 6,32 juta kilometer persegi dan sekaligus sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.500 pulau, merupakan negara yang sangat rentan terhadap bahaya perubahan iklim.

Ahmad Zazali

5 Okt 2023 - 11.18
A-
A+
OPINI : Kebijakan Ketahanan Iklim

Ketua Pusat Hukum dan Resolusi Konflik-Puraka Ahmad Zazali

Dampak perubahan iklim dalam kehidupan sehari-hari makin terasa dan telah menjadi isu yang diperbincangkan di tingkat global dan lokal. Indonesia sebagai negara perairan dengan luas 6,32 juta kilometer persegi dan sekaligus sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.500 pulau, merupakan negara yang sangat rentan terhadap bahaya perubahan iklim.

Jika tidak ada upaya yang sungguh-sungguh untuk memperkuat ketahanan iklim, maka akan berpengaruh dan menghambat realisasi pembangunan nasional dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Kerentanan Indonesia disebabkan corak pembangunan masa lalu yang mengabaikan aspek keberlanjutan lingkungan, yang ditandai dengan tingginya konversi hutan untuk berbagai kegiatan pembangunan industri sektor perkebunan, pertambangan, hutan tanaman industri, infrastruktur, penggunaan bahan bakar fosil, dan pembukaan hutan mangrove di wilayah pesisir serta perusakan terumbu karang.

Pada masyarakat pesisir laut, perubahan iklim telah mengakibatkan perubahan ekologi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, berupa intrusi air laut ke darat dan erosi daratan, gelombang pasang, banjir, kekeringan, genangan di lahan rendah, dan erosi pantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

OPINI : Kebijakan Ketahanan Iklim

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.