OPINI : Ketika Ekonomi Global Sedang Tidak Bersahabat

Kondisi ekonomi global tahun ini diwarnai oleh tekanan yang belum akan mereda. Negara berkembang di kawasan Asia diharapkan dapat menjadi penopang pertumbuhan, tetapi lesunya ekonomi China menjadi tantangan kawasan ini.

Ryan Kiryanto

13 Feb 2024 - 09.55
A-
A+
OPINI : Ketika Ekonomi Global Sedang Tidak Bersahabat

Dalam berbagai publikasi lembaga internasional terekspos bahwa Jerman, salah satu motor utama perekonomian dunia dan Eropa, hingga saat ini masih terengah-engah memulihkan ekonominya.

Pada awal 2024 ini, ekonomi Jerman berada dalam resesi teknis. Hanya konsumsi swasta yang menawarkan secercah harapan berkat pertumbuhan upah yang kuat disertai penurunan laju inflasi yang cukup signifikan.

Terhambatnya pemulihan ekonomi Jerman, negara terbesar ketiga dalam valuasi produk domestik bruto (PDB) global, turut andil dalam menahan pertumbuhan PDB global berkisar 3,1% pada 2024 ini, setelah mampu tumbuh 3,0% pada 2023.

Ekonomi Jerman sendiri diestimasikan—oleh Dana Moneter Internasional (IMF) edisi Januari 2024 lalu—terkontraksi dengan pertumbuhan minus 0,3% di 2023, lalu bergerak naik ke 0,5% tahun ini dan melanjutkan perbaikan yang lebih kuat ke 1,6% di 2025. Kenaikan yang signifikan ini didukung oleh menguatnya konsumsi swasta setelah harga energi melandai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.