OPINI : Kiat Mengelola Tantangan Perbankan

Setidaknya terdapat delapan kiat yang harus diterapkan oleh pengelola bank untuk dapat merespons tantangan-tantangan yang ada—baik yang teknis maupun nonteknis—sesuai dengan pakem “nasabah adalah raja”.

Ryan Kiryanto

5 Jun 2024 - 06.44
A-
A+
OPINI : Kiat Mengelola Tantangan Perbankan

Ryan Kiryanto, Ekonom Senior dan Associate Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia

Dalam ling­­­kung­­­an ekonomi, sosial dan po­­­­­­­­litik yang di­­­namis akhir-akhir ini, me­­­nge­­­lola bisnis perbankan tentu tidak mudah. Saat ini nasabah mengharapkan ha­­­sil lebih baik, cepat dan besar. Nasabah usia mu­­­da—sebagian disebut nasabah digital—telah tum­­­buh ber­­­kembang dengan tek­­­no­­­logi yang makin cepat dan lebih komprehensif dari waktu ke waktu.

Banyak bank tahu mereka perlu merespons dengan memodernisasi layanan melalui perangkat teknologi papan atas seiring perubahan perilaku nasabah. Dengan ekspektasi bahwa nasabah akan menentukan masa depan perbankan, bank-bank perlu secara konsisten dan berkesinambungan mengadopsi strategi termutakhir untuk memberikan layanan terbaiknya.

Harus dipahami, dari hari ke hari pelaku industri perbankan dihadapkan pada sejumlah tantangan—baik teknis maupun nonteknis—yang membutuhkan penanganan segera supaya bank mampu bertahan di era persaingan terbuka yang kompleks.

Setidaknya terdapat delapan kiat yang harus diterapkan oleh pengelola bank untuk dapat merespons tantangan-tantangan yang ada—baik yang teknis maupun nonteknis—sesuai dengan pakem “nasabah adalah raja”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.