OPINI : Memerdekakan Teknologi Pendidikan

Berkaca pada daya saing digital di kancah global, Indonesia kini masih jauh tertinggal.

Billy Andrian

24 Sep 2022 - 07.30
A-
A+
OPINI : Memerdekakan Teknologi Pendidikan

Bicara potensi Indonesia pada masa depan, kita boleh menepuk dada. World Economic Forum (WEF) memproyeksi, Indonesia akan menjadi raksasa ekonomi terbesar ke-5 di dunia pada 2024.

Ekonomi digital Indonesia juga diperkirakan terus tumbuh. Riset e-Conomy SEA 2021 oleh Google, Temasek, dan Bain & Company menyebut, ekonomi digital Indonesia yang pada 2021 sudah mencapai US$70 miliar, akan melonjak menjadi US$146 miliar pada 2025.

Namun, jika kita melihat parameter daya saing digital, kita masih harus mengelus dada. Riset IMD Digital Competitiveness 2021 menunjukkan, Indonesia ada di ranking ke-53 dari 64 negara yang masuk dalam riset. Posisi Indonesia ini masih jauh di bawah negara tetangga seperti Thailand yang ada di posisi 38, Malaysia di peringkat 27, atau bahkan Singapura yang ada di ranking 5 dunia.

Bicara tentang daya saing bangsa, memang ada banyak faktor yang mempengaruhi. Di antaranya, kekuatan pasar, geografis, sumber daya alam, hingga kualitas sumber daya manusia (SDM). Namun, jika kita urutkan sesuai konteks era modern, SDM bisa masuk faktor terpenting yang menentukan daya saing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.