OPINI: Memperkuat Ekosistem Asuransi Kesehatan

Kenaikan harga premi yang terlalu cepat yang di sebabkan oleh inflasi yang tinggi dapat berdampak pada tidak terjangkaunya asuransi kesehatan pada masyarakat.

Djonieri & Muhamad Anugrah

20 Mei 2024 - 06.15
A-
A+
OPINI: Memperkuat Ekosistem Asuransi Kesehatan

Sketsa penulis

Bisnis, JAKARTA — Menurut hasil survei Indo­­­­ne­­­­­­sia’s Per­­­­­­­­­­­­cep­­­ti­­­ons and Attitude Towards Health & Life Insurance Products yang dikeluarkan Lembaga Riset Populix pada 2023, 80% responden me­­­milih asuransi kesehatan se­­­bagai jenis asuransi yang paling banyak diminati de­­­ngan alasan asuransi tersebut dapat menanggung biaya rumah sakit hingga tindakan operasi.

Data OJK pada 2023 menunjukkan bahwa premi asuransi kesehatan berkontribusi senilai Rp19,48 triliun atau sekitar 11% dari premi perusahaan asuransi jiwa. 

Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk unggulan pada industri asuransi jiwa, walaupun produk ini juga dijual oleh industri asuransi umum. Meskipun demikian, klaim yang dibayarkan oleh perusahaan asuransi untuk produk ini pada 2023 telah mencapai Rp19,14 triliun (98% dari pendapatan premi), dan jumlah ini terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu penyebab klaim asuransi kesehatan yang tinggi adalah inflasi kesehatan. Menurut survei Global Medical Trends yang diselenggarakan oleh lembaga Willis Towers Watson (2023), inflasi kesehatan di Indonesia berada pada level 12,7%, angka ini sedikit di atas rata-rata Asia Pasifik sebesar 9,9%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.