OPINI : Menebak Arah Pasar Mata Uang Kripto

Kemajuan ekonomi sekarang ini diwarnai dengan berkembangnya mata uang kripto, bahkan menjadi masukan (input) dalam mendorong penggunaannya sebagai alat pembayaran.

Redaksi

20 Nov 2021 - 12.17
A-
A+
OPINI : Menebak Arah Pasar Mata Uang Kripto

Jika berbicara mata uang kripto (cryptocurrency) tidak lepas dari keberadaan blockchain yang mendorong terjadinya perubahan baik ekonomi, sosial, politik hingga lingkungan. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi dan infrastruktur yang mengarah pada persepsi ‘semua uang dan pasar dunia dalam satu visualisasi’ (all of the world’s money and markets in one visualization).

Ketika berbicara dari sudut pandang governance, manajemen risiko, dan keberlanjutan, ada banyak hal yang perlu mendapat perhatian atas perkembangan cryptocurrency terkait dengan model ekonomi yang kita ketahui. Dalam perjalanannya, perubahan ekonomi tanpa terasa sudah sangat maju yang berawal dari corporate model di mana perhatian difokuskan pada pertumbuhan dan kemakmuran pemegang atau pemilik saham.

Banyak sekali kelemahan dalam menjalankan ekonomi bisnis berlandaskan pada shareholder value atau secara luas dikenal dengan centralized economy. Isu malapraktik menjadi perhatian utama karena minimnya pemahaman serta pengelolaan yang tidak didasari atas prinsip tata kelola.

Atas dasar malapraktik masa lalu, kesadaran governance tumbuh sejalan dengan perkembangan ekonomi saat ini yang memfokuskan pada pemangku kepentingan. Peran aktif pemangku kepentingan sangat penting dalam mendorong terjadinya bisnis berkelanjutan dengan kesadaran risiko serta kepatuhan atas aturan maupun norma yang berlaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.