OPINI : Mengurai Sengkarut Rendahnya Tax Ratio RI

Tax ratio terhadap pajak domestik bruto (PDB) selama 2023 hanya sebesar 10,21%, lebih rendah dari capaian tahun lalu (10,39%).

Lambang Wiji Imantoro

22 Feb 2024 - 08.51
A-
A+
OPINI : Mengurai Sengkarut Rendahnya Tax Ratio RI

Lambang Wiji Imantoro, Tax Policy Analyst di Pratama Kreston Tax Research Institute

Dalam siaran pers (2 Januari 2024) realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan tax ratio terhadap pajak domestik bruto (PDB) selama 2023 hanya sebesar 10,21%, lebih rendah dari capaian tahun lalu (10,39%).

Kendati realisasi penerimaan pajak 2023 naik, dalam beberapa tahun terakhir, tax ratio Indonesia terhadap PDB terus mengalami penurunan. Laporan berjudul Revenue Statistics in Asia and Pacific 2022 terbitan OECD mencatat, pada 2022 tax ratio Indonesia hanya sebesar 10,01% dari PDB, atau di urutan ketiga terbawah dari 28 negara Asia Pasifik, serta lebih rendah dari rata-rata tax ratio negara Asia Pasifik (19%).

World Bank menyatakan jika suatu negara ingin mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, maka suatu negara wajib memiliki tax ratio minimal 15%. World Bank beranggapan selama satu dekade, negara dengan tax ratio lebih dari 15%, pendapatan per kapitanya lebih tinggi 7,5% dari target.

Bagaimana dengan Indonesia? World Development Index mencatat Tax-to-GDP ratio Indonesia dalam dua dekade berada di kisaran 8,3%—13,3% alias di bawah rekomendasi World Bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.