OPINI : Menjaga Kestabilan Keuangan

Pertumbuhan ekonomi yang tadinya negatif pada 2020 berbalik tumbuh 3,69% pada 2021. Realisasi pendapatan negara 2021 jauh di atas target sebesar Rp2.003 trilliun karena dipengaruhi oleh Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) terkait harga komoditas migas dan nonmigas.

Fakhrul Fulvian

14 Mar 2022 - 07.30
A-
A+
OPINI : Menjaga Kestabilan Keuangan

Ilustrasi - Batu bara. Tingginya harga komoditas unggulan Indonesia seperti crude palm oil (CPO) dan batu bara akan menutup dampak kenaikan harga minyak..

Kontraksi pendapatan negara selama pandemi Covid-19 menyebabkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) mengalami tekanan dan membuat defisit fiskal di atas 6% pada 2020.

Perlahan tetapi pasti, ekonomi telah mengalami perbaikan. Pertumbuhan ekonomi yang tadinya negatif pada 2020 berbalik tumbuh 3,69% pada 2021. Realisasi pendapatan negara 2021 jauh di atas target sebesar Rp2.003 trilliun karena dipengaruhi oleh Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) terkait harga komoditas migas dan nonmigas.

Kondisi itu terus berlanjut pada 2022. Pendapatan negara Januari 2022 tercatat Rp156 trilliun atau tumbuh 54% secara year-on-year (YoY) dengan neraca fiskal surplus senilai Rp28 triliun.

Tingginya harga komoditas saat ini yang dipengaruhi oleh hambatan struktural dari sisi pasokan, sentimen konflik Rusia-Ukraina, dan peningkatan permintaan global membuat kita harus bersiap-siap bahwa peningkatan harga komoditas akan berlangsung lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.