OPINI : Nasib Daya Saing Berkelanjutan

KTT the Conference of Parties (COP) 27 sekaligus KTT G20 menyisakan pekerjaan yang berat, yakni mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan rendah karbon.

Eduardo Edwin Ramda

24 Feb 2023 - 02.18
A-
A+
OPINI : Nasib Daya Saing Berkelanjutan

Ilustrasi

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) the Conference of Parties (COP) 27 sekaligus KTT G20 menyisakan pekerjaan yang berat, yakni mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan rendah karbon.

Sebab, capaian rerata daya saing daerah di Indonesia berada di level sedang, serta masih ada daerah berdaya saing rendah. Selain itu, kita masih terjebak dalam mindset yang mempertentangkan pembangunan ekonomi dan pelestarian.

Selaras dengan itu, Pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 111 tahun 2022 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Hal ini mendorong pemerintah daerah untuk mentransformasikan paradigma pembangunan yang selama ini dipandang eksploratif. Persoalannya, daerah belum sepenuhnya siap karena hingga awal 2023 belum ada terobosan yang konkret.

Konsep daya saing daerah berkelanjutan hadir sebagai moderasi antara tuntutan pembangunan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan. Fakta hari ini, profil daya saing daerah di level kabupaten masih berada pada level sedang, timpang secara kewilayahan, dan belum sepenuhnya dibangun di atas pilar pembangunan berkelanjutan. Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan ekonomi di Indonesia masih abai terhadap pemeliharaan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

OPINI : Nasib Daya Saing Berkelanjutan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.