OPINI : Peluang Investasi Berbasis Kinerja Sektor Air Minum

Dalam kick-off meeting Februari lalu, Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan bahwa konservasi air dan ketersediaan air bersih harus menjadi prioritas.

Eliza Bhakti

4 Apr 2023 - 07.44
A-
A+
OPINI : Peluang Investasi Berbasis Kinerja Sektor Air Minum

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) di Kota Palembang, Sumatra Selatan./Dok. PUPR

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah perhelatan World Water Forum 2024. Dalam kick-off meeting Februari lalu, Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan bahwa konservasi air dan ketersediaan air bersih harus menjadi prioritas.

Di tengah isu krisis air dunia, rilis data Kementerian PUPR tahun 2022 menunjukkan tingkat kebocoran air (Non Revenue Water/ NRW) di Indonesia sebesar 33,72%. Artinya ada 1,7 miliar meter kubik air terbuang dalam 1 tahun, berakibat pada hilangnya potensi pendapatan sebesar Rp9,6 triliun per tahun. Sedangkan secara kualitas, kebocoran pipa membuka potensi kontaminasi mikrobiologi dan fisik masuk ke pipa pelanggan.

Angka NRW di Malaysia sebesar 33,40%, tetapi dengan catatan cakupan pelayanan di negeri jiran tersebut hampir 100% perpipaan. Sedangkan di Singapura kehilangan air ditekan hingga 5% sebagai bentuk komitmen negara dalam mitigasi ketahanan dan keamanan air minum. Ibu kota Filipina, Manila mencatatkan angka NRW sebesar 12%. Bandingkan dengan angka NRW di Jakarta yang mencapai 46,67%, artinya hampir setengah dari air yang diolah terbuang percuma.

Sama halnya ketika keran air di rumah bocor, langkah awal mengurai persoalan adalah dengan mematikan sumber kebocoran. Pengurangan angka kehilangan air akan menjadi langkah konkret dalam peningkatan efisiensi operasional dan perkuatan ketahanan pasokan air minum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

OPINI : Peluang Investasi Berbasis Kinerja Sektor Air Minum

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.