OPINI : Perempuan: Flexing atau Pahlawan

Apa yang bisa dilakukan kaum perempuan Indonesia yang jumlahnya mencapai 49,42% dari total penduduk Indonesia.

Tatik Suryani

12 Apr 2023 - 02.57
A-
A+
OPINI : Perempuan: Flexing atau Pahlawan

Dosen Universitas Hayam Wuruk Perbanas Tatik Suryani

Bisnis, JAKARTA – Sebentar lagi memperingati hari Kartini. Sehari sebelum Hari Kartini adalah Hari Konsumen Nasional (Harkonas). Pertanyaannya adalah apa yang bisa dilakukan kaum perempuan Indonesia yang jumlahnya mencapai 49,42 persen dari total penduduk Indonesia.

Menurut Laporan proyeksi Penduduk Indonesia 2020—2025, pada 2025 jumlah penduduk perempuan akan melebihi laki-laki jika melihat proyeksi bahwa jumlah penduduk perempuan diperkirakan 135.461.000 atau sebesar 50,07 persen, sedangkan jumlah penduduk laki-laki 135.077.000 atau sebesar 49,93 persen, menunjukkan bahwa potensi perempuan luar biasa dalam mendukung perekonomian.

Ironisnya, yang memanfaatkan data ini adalah para pemasar yang sangat berkepentingan untuk meningkatkan penjualan, karena tahu betul peran perempuan dalam pengambilan keputusan pembelian produk. Memang ada sedikit kepedulian dari Kementerian Perdagangan saat Harkonas sering mengingatkan pentingnya upaya meningkatkan keberdayaan konsumen Indonesia, mengajak menjadi konsumen bijak yang sadar akan hak dan kewajibannya, dan cinta produk dalam negeri (lokal).

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga melakukan program peningkatan literasi keuangan agar para perempuan memiliki kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan dalam mengelola keuangan. Sayangnya kedua program ini tidak disinergikan dan belum menjadi gerakan masif yang dilakukan secara sistemik dan terus menerus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.