OPINI : Petisi Work From Home

WFH, work from home, maupun WFA, work from anywhere, mestinya diberlakukan sebagai teknologi yang mempermudah, mengefektifkan, mengeefisienkan, atau meningkatkan produktivitas kerja.

Bramantyo Djohanputro

21 Feb 2023 - 09.13
A-
A+
OPINI : Petisi Work From Home

Bramantyo Djohanputro, Pengajar di Universitas Kristen Indonesia dan Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Risiko

Lucu juga membaca edaran di media sosial tentang ajakan ikut petisi WFH. Tetapi sebenarnya sangat masuk akal, dan memang WFH maupun WFA mestinya menjadi hal biasa, bukan kemewahan.

WFH, work from home, maupun WFA, work from anywhere, mestinya diberlakukan sebagai teknologi yang mempermudah, mengefektifkan, mengeefisienkan, atau meningkatkan produktivitas kerja dan bukan dianggap sebagai perkara menyulitkan maupun kemudahan pengguna untuk bersantai, mencuri waktu kerja, atau anggapan negatif lainnya.

Kalimat-kalimat berikut ini menggunakan istilah WFA yang didalamnya sudah mencakup WFH. Dan huruf W, working, berlaku baik untuk kegiatan bekerja seperti di perkantoran maupun proses pembelajaran baik untuk mahasiswa di kampus, siswa sekolah, maupun trainees untuk peserta pelatihan.

Tulisan ini berharap membantu perubahan paradigma WFA. Kalau saat ini pendekatan yang digunakan adalah bekerja secara luring, offline kecuali dalam keadaan khusus diizinkan WFA, ke depannya diharapkan bekerja secara WFA sebagai kebiasaan dan kenormalan kecuali dalam hal khusus bekerja secara luring, tatap muka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

OPINI : Petisi Work From Home

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.