OPINI : Resiliensi Ekonomi Indonesia

Kekhawatiran terhadap resesi ekonomi di Indonesia pada tahun 2023 tidak terbukti, dengan angka inflasi tahun 2023 sebesar 2,61%. Meskipun pertumbuhan ekonomi di bawah 5%, kondisi ekonomi Indonesia dianggap tangguh, ditopang oleh surplus neraca perdagangan dan berbagai paket bantuan sosial.

Bagong Suyanto

18 Jan 2024 - 10.29
A-
A+
OPINI : Resiliensi Ekonomi Indonesia

Bagong Suyanto, Guru Besar Sosiologi Ekonomi Fisip Universitas Airlangga.

Kekhawatiran bahwa di 2023 akan terjadi resesi ekonomi di Indonesia ternyata tidak terbukti. Badan Pusat Statistik (BPS) dalam laporan terbarunya merilis angka inflasi tahun 2023 ternyata hanya 2,61% secara tahunan (YoY).

Angka inflasi Indonesia tahun 2023 disebut-sebut merupakan inflasi terendah salam 20 tahun terakhir. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia, meski tidak lebih dari 5%, tetapi dibandingkan negara lain, angka capaian itu jauh lebih baik.

Pertumbuhan ekonomi triwulan III tahun 2023 tercatat 4,9 persen. Angka ini lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi triwulan III dan IV tahun 2022. Secara keseluruhan angka pertumbuhan ekonomi Indonesia secara tahunan masih di angka 4,94%.

Meski kondisi perekonomian global sedang lesu, harus diakui kondisi ekonomi Indonesia masih mampu bertahan, bahkan tergolong bagus. Merujuk data Kementerian Perdagangan, neraca perdagangan Indonesia sepanjang Januari—Oktober 2023 masih surplus sebesar US$9.829,4 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

OPINI : Resiliensi Ekonomi Indonesia

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.