OPINI : Soliditas Pengawasan Pengangkutan Antar Pulau

Berdasarkan data open sources yang dirilis oleh layanan data Global Trade Atlas terdapat selisih tonase yang signifikan antara pencatatan ekspor nickel ores oleh Ditjen Bea Cukai dan pencatatan impor oleh General Administration of China Customs (GACC).

Tonny Riduan Simorangkir

14 Feb 2022 - 08.15
A-
A+
OPINI : Soliditas Pengawasan Pengangkutan Antar Pulau

Pekerja melakukan proses pemurnian dari nikel menjadi feronikel di fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) Pomalaa milik PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk, di Kolaka, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/5/2018)./Bisnis-Nurul Hidayat

Menjelang akhir tahun lalu, lini masa dihebohkan polemik pemberitaan mengenai pengiriman ekspor produk bijih nikel mentah (nickel ores) ke China. Berdasarkan data open sources yang dirilis oleh layanan data Global Trade Atlas terdapat selisih tonase yang signifikan antara pencatatan ekspor oleh Ditjen Bea Cukai dan pencatatan impor oleh General Administration of China Customs (GACC).

Proses validasi perihal kebenaran informasi ini masih membutuhkan waktu lagi, terutama untuk mendapatkan pernyataan resmi dari otoritas GACC apakah jenis barang yang diterima adalah benar nickel ores atau bijih nikel yang sudah diolah. Selain itu juga pada bulan pertama 2022 ramai pula berita pelarangan ekspor batu bara dan melonjaknya harga serta kelangkaan minyak goreng di Tanah Air.

Kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dengan wilayah lautnya berbatasan langsung dengan negara tetangga, secara alamiah ada potensi kerawanan terjadinya penyelundupan ekspor atas komoditas strategis dengan modus diberitahukan sebagai pengangkutan barang antar pulau.

Keadaan inilah yang menjadi melatarbelakangi perlunya diterapkan pengawasan pengangkutan barang tertentu yang diangkut antar pulau melalui laut di dalam daerah pabean Indonesia. Misalnya, barang tertentu A yang diangkut dari suatu pelabuhan asal di Kalimantan menuju pelabuhan tujuan di Sumatera. Disebut barang tertentu karena tentu tidak semua barang akan diawasi tetapi hanya atas suatu barang yang penetapannya diamanatkan oleh suatu instansi teknis terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.