OPINI: Strategi Jitu Hadirkan Sinyal

Tidak ada sektor kehidupan yang bisa bersembunyi dari perkembangan digitalisasi. Perlunya transformasi digital menemukan momentum yang sangat pas saat kita menghadapi pandemi Covid-19.

Heru Sutadi

7 Nov 2022 - 03.22
A-
A+
OPINI: Strategi Jitu Hadirkan Sinyal

Perlunya transformasi digital menemukan momentum yang sangat pas saat kita menghadapi pandemi Covid-19./Telkomsel

Dunia sedang berubah, yang tadinya berada di era industri kini masuk ke era digital. Tidak ada sektor kehidupan yang bisa bersembunyi dari perkembangan digitalisasi. Perlunya transformasi digital menemukan momentum yang sangat pas saat kita menghadapi pandemi Covid-19.

Selain menyelamatkan kita untuk tetap bisa work from home, belajar jarak jauh, berbelanja dan berjualan secara online di tengah keterbatasan gerak dan jarak, di masa pandemi pula kita mengetahui bahwa banyak wilayah yang ketersediaan infrastruktur digitalnya belum memadai. Ada kesenjangan digital terjadi.

Kesenjangan digital di mana infrastruktur digitalnya sangat minim bahkan masih blank spot. Terlihat jelas antara infrastruktur digital di wilayah Indonesia Barat dengan Indonesia Timur, kemudian antara kota dengan desa dan juga wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

Persoalan kesenjangan digital dan perlunya upaya strategis untuk menjadikan seluruh wilayah Indonesia Merdeka Sinyal menjadi tantangan tersendiri, bukan saja persiapan bilamana pandemi jenis lain terjadi lagi, tapi juga untuk mewujudkan mimpi Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di kawasan dan menjadi digital hub dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.