OPINI : Uji Kekuatan Ekonomi Lebaran

Lebaran telah menjadi momen perayaan penting bukan hanya bagi kaum muslim. Juga bukan hanya bagi kalangan mampu, melainkan juga bagi mereka yang berpendapatan menengah ke bawah.

Mohammad Faisal

26 Apr 2023 - 07.54
A-
A+
OPINI : Uji Kekuatan Ekonomi Lebaran

Mohammad Faisal merupakan Direktur CORE Indonesia (Center of Reform on Economics)

Sudah menjadi tradisi tahunan, lebaran selalu diwarnai hiruk-pikuk aktivitas mudik dan belanja masyarakat. Lebaran telah menjadi momen perayaan penting bukan hanya bagi kaum muslim. Juga bukan hanya bagi kalangan mampu, melainkan juga bagi mereka yang berpendapatan menengah ke bawah.

Pada lebaran tahun ini, diprediksi ada 123 juta pemudik meramaikan lalu-lintas antar wilayah dan antar kota di Indonesia. Bertambah 14% dibandingkan musim mudik lebaran tahun 2022. Pertanyaan yang mengemuka kemudian adalah, apakah peningkatan jumlah pemudik benar-benar diikuti dengan lonjakan dorongan belanja?

Pada momen Idul Fitri, perekonomian biasanya mendapatkan daya dorong tambahan dari belanja masyarakat. Secara tradisi pada momen ini masyarakat lebih banyak mengeluarkan uangnya untuk menyambut kebersamaan dengan keluarga dan sanak kerabat. 

Masyarakat cenderung berbelanja lebih banyak untuk pangan, sandang, dan juga berwisata dibanding bulan-bulan lainnya. Selain didukung oleh kesempatan libur panjang, sebagian masyarakat juga mendapatkan tambahan pendapatan dari tunjangan hari raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

OPINI : Uji Kekuatan Ekonomi Lebaran

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.